UMKM Kota Jayapura Susah Berkembang | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Kepala Dinas Perindustrian, Perdanganngan, Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi Kepala Dinas Perindustrian, Perdanganngan, Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi

UMKM Kota Jayapura Susah Berkembang

Ekonomi & Bisnis Penulis  Sabtu, 12 Agustus 2017 12:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Kepala Dinas Perindustrian, Perdanganngan, Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) susah berkembang karena pemasaran dan promosi masih terbatas.
"Potensi alam yang bisa dikelola sangat besar, meski hasilnya sudah ada, tapi itulah yang kendala yang masih di hadapi," kata Robert di Kantor Wali Kota Jayapura, pada Jumat (11/8).

Jumlah produk yang dihasilan masih terbatas, yang menyebabkan sudah untuk berkembang. Selain itu, pemahaman pelaku UMKM di Kota Jayapura tentang pengelolaan usaha masih rendah, modal usaha terbatas, dan kemasan produk masih sederhana.

Adapun upaya yang dilakukan Disperindagkop setempat, yaitu mengikutsertakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkuingan Pemerintah Kota Jayapura dalam pelatihan teknis bidang UMKM, melengkapi sarana pendukung yang memadai.
"Sosialisasi modal usaha melalui perbankan agar membantu meningkatkan kualitas prodak dengan pemberian bantuan mesin peralatan yang dibutuhkan sehingga bisa berkembang," kata Robert.

"Kami sudah memberikan pelatihan kewirausahaan dan manajemen keuangan bagi UMKM sebanyak 120 orang.  Bantuan peralatan sebanyak 60 kios dan 25 kelompok serta 10 orang usaha pangkas rambut. Kegiatan pendampingan bagi UMKM sebanyak 200 orang yang telah mendapatkan bantuan modal usaha dan peralatan pada 2015 dan 2016," Robert menambahkan. (Ramah)

Dibaca 109 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.