Festival Ajau Sentani-Phuyaka Digelar

  |  August 18, 2017

Festival Ajau Sentani-Phuyaka Festival Ajau Sentani-Phuyaka

Festival Ajau Sentani-Phuyaka Digelar

Rate this item
(0 votes)

SENTANI – Hari ini, Jumat (11/8), untuk pertama kali di Kampung Ifar Besar, tepatnya di jembatan Kuning, bakal digelar Festival Ajau Sentani-Phuyaka. Direncanakan, Festival Ajau-Phuya digelar selama dua hari dari Jumat (Hari ini-Red) hingga Sabtu (12/8) nanti dan dibuka oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE.M, Si.

Festival Ajau sendiri yang muncul dari gagasan Jimmy Yokhu bersama pemuda-pemudi Sentani ini, bertemakan bahasa adat “Ndane Rai Wali” yang dalam bahasa Indonesia nya “Disini Hidupku”ini.
Jimmy Yokhu selaku Ketua Tim kegiatan Festival Ajau Sentani-Phuyaka kepada wartawan di Sentani mengungkapkan, tujuan dari Festival Ajau Sentani-Phuyaka ini untuk mengangkat peradaban masyarakat didataran Sentani.

“Jadi sengaja kami mengangkat nama Ajau untuk Festival ini. Sebab, nama Ajau merupakan bagian dari pada sejarah atau asal mula tempat tinggal (Pulau) seluruh masyarakat yang ada didataran Sentani. Oleh karena itu, kami namakan Festival itu dengan nama Ajau,”jelasnya.

Diceritakan Jimmy, nama Pulau (Ajau) menjadi pusat pekabaran Injil pertama yang masuk di Sentani. Begitu juga dengan manusia pertama yang masuk ke Sentani pertamakali tinggal ditempat itu.
“Selanjutnya mereka menyebar, menjadi beberapa marga besar. Seperti marga Tokoro, Monim, Ibo dan termasuk kita (Yokhu),”aku Jimmy.

“Sehingga, kami mangadakan Festival Ajau demi mengangkat asal mula sejarah kami semua serta untuk kebersamaan kami saat ini dan untuk kedepannya,”tegasnya.
“Harapan saya, Festival ini mendapat dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Jayapura, serta dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat. Baik masyarakat Asli Sentani maupun masyarakat lainnya yang merupakan penduduk Sentani,”pintanya.

Ditambahkan Jimmy, ada tiga bidang lomba yang dipertandingkan pihaknya. Diantaranya lomba dayung tradisional khusus ibu-ibu, lomba mencari ikan dalam air menggunakan sumpit/Molo, dan balapan perahu Speed Jonson.
“Nah, untuk mensukseskan kegiatan ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura, mari datang dan saksikan Festival Ajau Sentani-Phuyaka. Karena Festival Ajau adalah Festival tentang adat dan sejarah kita. Maka itu, mari kita sukseskan bersama-sama,”ajaknya menutup wawancara.
Sekedar diketahui, Festival Ajau Sentani-Phuyaka disponsori oleh PT. Semua Group dan rencananya akan mulai pada pukul 02. 00 WIT selama dua hari.

Read 30 times

Tinggalkan Komentar

Pastikan anda memasukan semua informasi yang diperlukan, yang bertanda (*). kode HTML tak diizinkan.