Pasific Pos.com | KPU Papua Tetapkan 32 TPS yang Akan Diikutkan dalam PSU

  |  24 October, 2017

Komisioner KPU Papua, Izak R. Hikoyabi Komisioner KPU Papua, Izak R. Hikoyabi

KPU Papua Tetapkan 32 TPS yang Akan Diikutkan dalam PSU

Sosial & Politik Penulis  Kamis, 10 Agustus 2017 21:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan 32 dari 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk diikutkan dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Jayapura pada tanggal 23 Agustus 2017 nanti. Langkah itu ditetapkan KPU Papua berdasarkan hasil pencermatan terhadap 40 TPS di dua distrik, yakni Distrik Namblong dan Distrik Kaureh.

Kami sampaikan kepada pasangan calon bahwa dari hasil pencermatan yang dilakukan KPU Papua bersama para pasangan calon pada Senin (7/8) lalu, telah KPU menetapkan sejumlah TPS untuk diikutkan dalam pelaksanaan PSU nanti, kata Komisioner KPU Papua, Izak R. Hikoyabi kepada wartawan usai acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis (BImtek) PPD dan PPS, di Hotel Sentani Indah (HSI), Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/8) kemarin.

Berdasarkan hasil pencermatan terhadap 40 TPS di dua distrik ini, dari hasil pencermatan tersebut telah ditetapkan menjadi 32 TPS yang akan ikut bersama-sama dengan 229 TPS.
Jadi untuk Distrik Kaureh, 29 TPS itu harus diikutkan PSU. Kemudian di Distrik Namblong dari 11 TPS, maka tiga (3) TPS yang nanti ikut dalam pelaksanaan PSU. Sehingga total keseluruhan yang nanti ikut PSU itu sebanyak 261 TPS, ujar Izak.

Oleh karena itu, untuk badan ad hoc-nya maka KPU Papua akan turun langsung ke Distrik Kaureh dan Distrik Namblong guna melakukan perekrutan badan penyelenggara baik itu KPPS, PPD dan PPS.
Kemudian kami dari KPU Papua langsung melakukan bimbingan teknis (Bimtek) di tempat, dan kami mengangkat serta mereka langsung siap bekerja disana baik itu KPPS, PPD dan PPS, ucap Izak.

Berdasarkan hasil penetapan penambahan jumlah TPS tersebut, KPU Papua akan mengusulkan untuk penambahan anggaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Pengusulan penambahan anggaran itu sebesar Rp 2 sampai Rp 3 miliar.

Dengan bertambahnya jumlah TPS, yakni dari 229 TPS menjadi 261 TPS. Maka perlu ada penambahan anggaran, dimana kami juga dalam waktu dekat akan mengusulkan kepada pemerintah daerah terkait penambahan anggaran tersebut, imbuhnya.

Diperkirakan penambahan anggaran itu bisa mencapai Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar, untuk penambahan 32 TPS tersebut. Oleh karena itu, kami berharap kepada pemerintah daerah juga bisa untuk meresponnya, sehingga pembiayaan untuk penambahan 32 TPS ini bisa terjadwal dan terlaksana dengan baik, atau terakomodir dalam pelaksanaan PSU nanti, harap Izak.

Untuk itu, Izak mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura agar dapat memberikan dukungan kepada pihak penyelenggara, menjaga dan mengawal bersama-sama serta ikut mensukseskan pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura.
Kami harap semua masyarakat untuk memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan KPU, sehingga pelaksanaan PSU tanggal 23 Agustus itu bisa berjalan aman, lancar dan sukses, tandas Izak Hikoyabi.

Dibaca 60 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini