Pasific Pos.com | Dua Keltan Asli Papua, Terima Bantuan Bibit dan peralatan Sayur

  |  23 October, 2017

Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM ketika meninjau salah satu perkebunan sayur di Keltan Waliyau, Kampung Yobeh, Distrik Sentani, Rabu (9/8). Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM ketika meninjau salah satu perkebunan sayur di Keltan Waliyau, Kampung Yobeh, Distrik Sentani, Rabu (9/8).

Dua Keltan Asli Papua, Terima Bantuan Bibit dan peralatan Sayur

Ekonomi & Bisnis Penulis  Kamis, 10 Agustus 2017 20:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, yang dikepalai oleh Adolof Yokhu, SP. MM, memberikan bantuan bibit sayur kacang panjang, sawi hijau, bayam, kangkung, pupuk organik dan berbagai peralatan tangan petani, kepada dua Kelompok Tani (Keltan) wanita Waliyau, Kampung Yobeh, Distrik Sentani dan kelompok tani wanita Cempaka, Kampung Kwadeware, Distrik Wibu,Kabupaten Jayapura.

Usai memberikan bantuan bibit sayur, Kadis Yokhu mengatakan bahwa bantuan yang diberikan pihaknya ini untuk mendorong perekonomian petani wanita Asli Papua.
“Dengan harapan kedepannya mereka bisa menjadi petani yang mandiri. Sehingga kebutuhan keluarga mereka dapat terpenuhi,”katanya di Sentani, Kamis (10/8) Kemarin.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan dua kelompok tani wanita yang menerima bantuan pihaknya tersebut, merupakan kelompok tani binaan dinas pertanian dan perkebunan yang kini berubah menjadi Dinas TPH, sejak dua tahun lalu.
Kata Yokhu, Dua tahun lalu, mereka bertani hanya menggunakan pekarangan rumah. Tapi, karena ketekunan mereka, dari pekarangan berkembang ke lahan besar.

Menurut Yokhu, pendapatan yang mereka dapat melalui tanaman sayur, cukup besar. Apalagi proses menanam dan panennya tidak memerlukan waktu yang lama.
“Oleh karena itu, dengan melihat perkembangan petani sayur, saya coba mendorong dengan memberikan bantuan bibit dan juga peralatan supaya perekonomian keluarga mereka meningkat,”ujarnya.
Nah, kata Yokhu kalau dia rutin melakukan penanaman secara bergilir, pasti kebutuhan mereka akan selalu terpenuhi.

“Baik untuk konsumsi keluarga, maupun untuk dijual kepada masyarakat,”jelasnya. Intinya, tegas Yokhu pihaknya terus memberikan kesempatan kepada mama-mama Papua untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga.
Ia menuturkan, kedepannya pihaknya masih akan memberikan bantuan yang sama kepada delapan (8) Keltan.

“Jadi, bukan hanya dua Keltan ini saja yang kami bantu. Kedepannya, kami akan memberikan bantuan yang sama kepada delapan Keltan agar perekonomian petani asli Papua terpenuhi dari waktu-kewaktu,”tegasnya.
“Dan tentunya ini untuk mewujudkan visi-misi “Jayapura Baru” yang diinginkan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, agar dapat terwujudnyata,”tandasnya.

Dibaca 69 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini