Pasific Pos.com | Lahan Tidur Di Kabupaten Jayapura Kedepan Akan Diolah

  |  24 October, 2017

Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM

Lahan Tidur Di Kabupaten Jayapura Kedepan Akan Diolah

Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Ratusan Hektar lahan tidur di Kabupaten Jayapura kedepan akan diolah menjadi kebun rakyat. Dengan demikian maka semua lahan di daerah ini menjadi potensial untuk di kembangan  sebagai lahan pertanian guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Lahan tidur terluas seperti yang terdapat di Kampung Sabeyab dan Kampung Bonggrang Distrik Kemtuk akan diolah menjadi lahan pertanian,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (10/8) kemarin.
Yokhu memaparkan, sebagaian besar masyarakat Kabupaten Jayapura memiliki mata pencaharian sebagai petani sehingga usaha pertanian bagi daerah ini sangat tepat, terutama dalam meningkatkan pendapatan keluaraga dari aspek ekonomi.
Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura di bawa kepemimpinan Bupati, Mathius Awoitauw sangat konsen membangun ekonomi masyarakat lewat berbagai bidan termasuk bidan pertanian.
Untuk itu, lanjut Adolf, Dinas TPH Kabupaten Jayapura sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggungjawab penuh dalam pembangunan bidan pertanian dapat menterjemhkan lewat kegiatan-kegiatan pertanian di masyarakat.
“Kita tidak bisa berdiam diri dalam derap pembangunan daerah, harus bangkit dengan semangat baru menuju kepada karya-karya besar di daerah termasuk mengembangkan usaha-usaha pertanian,” tandasnya.
Dirinya mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Jayapura pada umumnya dan khususnya masyarakat yang berdomisili di area lahan tidur untuk menerima program pemerintah lewat bidan pertanian membuka lahan guna pengembangan pertanian.
Sehingga lahan tidur yang kini dianggap sebagai area yang tidak potensial dapat diolah menjadi lahan pertanian yang handal demi mencukupi kebutuhan ketahan pangan di Kabupaten Jayapura sekarang ini dan waktu yang akan dating.
Ditempat terpisah, salah satu petani yang juga sebagai masyarakat Kampung Sabeyab Distrik Kemtuk, Yunus Nasa menuturkan, program pemerintah Kabupaten Jayapura melalui OPD tekhnis dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura adalah sangat baik dalam membantu masyarakat.
“Kami selaku masyarakat sangat respon denganapa yang sedang pemerintah rencanakan, membuka lahan tidur menjadi lahan pertanian adalah suatu langkah maju bagi kami masyarakat setempat, sebab pengolahan lahan akan digunakan dengan peralatan teknologi tinggi,” pungkasnya.
Yunus meminta berharap, jika program pemrintah turun ke setiap kampung maka dapat diterima dengan baik tanpa harus mempersulit karana pada prinsipnya apa yang di programkan oleh Dinas TPH Kabupaten Jayapura adalah untuk kepentingan masyarakat.
“Kita tidak bisa berpangku tangan menunggu bantuan pemerintah tetapi kita juga harus respon dengan kebijakan daerah lewat pertanian supaya kita bisa menjadi petani modern dalam membangun daerah lewat bidan pertanian,” tandas Nasa.

Dibaca 61 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini