Perekrutan Mahasiswa Baru, Poltekkes Jayapura Prioritaskan OAP

  |  August 18, 2017

Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, Dr. Isak. J.H Tukayo, S.Kp.,M.Sc Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, Dr. Isak. J.H Tukayo, S.Kp.,M.Sc

Perekrutan Mahasiswa Baru, Poltekkes Jayapura Prioritaskan OAP

Pendidikan & Kesehatan Written by  Senin, 07 Agustus 2017 22:56 0
Rate this item
(0 votes)

“Direktur: Kami lebih Utamakan Putra-Putri Asli Daerah”

 

    Jayapura,- Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura sebagai satu-satunya pusat pendidikan tenaga kesehatan handal dan profesional di tanah Papua tetap memprioritaskan Orang Asli Papua (OAP) dalam melakukan perekrutan calon mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018. Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, Dr. Isak. J.H Tukayo, S.Kp.,M.Sc mengatakan, sesuai komitmen kami, Poltekkes Kemenkes Jayapura dalam melakukan perekrutan tetap mengutamakan putra/putri asli Papua.

    Dengan perbandingan 80% : 20%, dimana 80 persen putra/putri asli Papua, termasuk kelompok peranakan dan lahir besar Papua. Sedangkan 20 persen untuk non Papua, baik yang baru datang maupun lulusan SMA/SMK luar Papua. “Jadi perbandingan penerimaan 80 persen banding 20 persen ini untuk kampun I atau Poltekkes Kemenkes Jayapura, sedangkan sejumlah kampus domisili di daerah, baik Prodi maupun Prosus, perbandingan penerimaan mahasiswa baru, 90% : 20%, dimana 90 persen OAP terutama putra/putri asli daerah setempat dan 10 persen lainnya non Papua,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Dr. Isak. J.H Tukayo, menjelaskan, perbandingan penerimaan calon mahasiswa baru 80% : 20% persen tetap melalui tahapan seleksi dan penentuan kelulusannya berdasarkan ranking hasil ujian tertulis, tes kesehatan dan interview. Jadi masyarakat di Papua perlu ketahui bahwa, Poltekkes Kemenkes Jayapura melakukan rekrutan calon mahasiswa baru berdasarkan hasil tahapan seleksi atau murni dari hasil kemampuan mereka sendiri,” terangnya.

    Di tempat terpisah, Ketua Panitia penerimaan calon mahasiswa baru, Poltekkes Kemenkes Jayapura, Sri Mulyono, SKM.,M.Kes mengatakan, penerimaan calon mahasiswa baru kami lakukan melalui siswa berprestasi di sekolah/penelusuran potensi minat dan bakat dan pembukaan pendadaftaran gelombang I dan II. Pembukaan pendaftaran gelombang II disini, kami tidak buka untuk semua jurusan, kami buka hanya untuk jurusan atau Prodi yang belum memenuhi quota penerimaan yang sudah tersedia.

    Dengan demikian, kata Sri, pembukaan pendaftaran gelombang II kemarin, kami buka hanya untuk beberapa Prodi yang belum memenuhi ketersediaan quota. Masing-masing Prodi D3 Kesehatan Lingkungan (Kesling-red), D3 Gizi, D4 Gizi, D3 Kebidanan dan D4 Kebidanan,” ujar Sri Mulyono yang juga Pudir III Poltekkes Kemenkes Jayapura itu ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, kemarin. (Hendry Holago)

Read 20 times

Tinggalkan Komentar

Pastikan anda memasukan semua informasi yang diperlukan, yang bertanda (*). kode HTML tak diizinkan.