DPRD Kota Jayapura Usulkan Perda Bullying

  |  August 18, 2017

Anak-anak PAUD Waniambey PKK Kota Jayapura. Anak-anak PAUD Waniambey PKK Kota Jayapura.

DPRD Kota Jayapura Usulkan Perda Bullying

Pendidikan & Kesehatan Written by  Senin, 07 Agustus 2017 19:04 0
Rate this item
(0 votes)

JAYAPURA, - Guna mencegah kasus bullying pada anak-anak di Kota Jayapura, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura mengusulkan adanya Peraturan Daerah (Perda) bullying.
Perda bullying ini dapat membela anak yang mendapatkan perlakukan tidak baik karena banyak kasus bullying membuat anak depresi.

"Bullying ini kan kelakukan orang dewasa kepada anak atau sesama usia," kata Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura, Kenan Sipayung di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (7/8).
Untuk itu Kenan berpesan agar Pemerintah Kota Jayapura membuat aturan untuk kasus bullying sehingga dapat mencegak perlakukan bullying.

"Lebih banyak ke pemuka agama agar menghimbau kepada jemaatnya masing-masing sehingga hal-hal negatif tidak ada. Guru-guru di sekolah juga memberikan pendidikan akhlah karena biasanya banyak terjadi pada anak didik," kata Kenan.

Kata Kenan, pencegahan bullying dapat dilakukan mulai dari lingkungan pendidikan, keluarga, dan masyarakat, dan memberikan pemahaman melalui sosialisasi
"Pencegahan harus dilakukan sedini mungkin agar tidak menjadi kebiasaan, agar anak-anak mempunyai kehidupan yang baik dan layak," kata Kenan.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Cliford Korwa mengatakan, agar membiasakan pada dengan kata-kata yang baik.
"Bullying itu, anak dibiarkan berkelahi kemudian saling memaki dan menyinggung perasaan. Di PAUD itu tidak ada karena anak dibiasakan dengan sapaan penuh cinta dan kasih. Kami tetap memberikan sangsi tegas kepada guru," kata Cliford. (Ramah)

Read 13 times

Tinggalkan Komentar

Pastikan anda memasukan semua informasi yang diperlukan, yang bertanda (*). kode HTML tak diizinkan.