Daftar JKN-KIS Kini Bisa Lewat Telepon

  |  August 20, 2017

Daftar JKN-KIS Kini Bisa Lewat Telepon

Pendidikan & Kesehatan Written by  Selasa, 16 Mei 2017 12:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala BPJS Kesehatan (ketiga dari kanan) Mathias Krey, Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Bertrand Silvanus Tupan (tengah), dan Anita Panggabean saat konfrensi pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jayapura.

 

JAYAPURA, - Melalui telepon Care Center 1500 400, kini masyarakat bisa mendaftarkan diri dan anggota keluarga sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jayapura, Mathias Krey mengatakan, upaya dimaksud sebagai strategi pihaknya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendaftar.


"Khusus untuk pendaftar calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah, peserta mandiri, dan peserta kategori Bukan Pekerja," kata Mathias di Kantor BPJS Kesehatan Jalan Abepura-Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Senin (15/5).

Menurut Mathias, masyarakat tidak perlu berlama-lama mengantri di kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500 400, calon peserta dimaksud bisa melakukan pendaftaran via telepon atau virtual service.

"Sebelumnya, Care Center ini berfungsi sebagai pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial, maka saat ini dikembangkan fungsinya," kata Mathias.

"Kepuasan peserta sudah sukup tinggi di angka 78,6 persen pada 2016, dan di tahun ini kami targetkan bisa mencapai 80 persen, yang dengan melalui terobosan Care Center 1500 400," kata Mathias menambahkan.

Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Bertrand Silvanus Tupan mengatakan, keunggulan layanan via telepon karena masyarakat tidak perlu mengantri, dan kartu langsung bisa diantar di rumah, dan proses cepat.

"Proses auto debet sejak virtual service di kirim melalui peserta, maka secara mandiri membayar ke bank yang sudah di tunjuk. Kami juga menyediakan pendafaran melalui drop box baik di kantor, sementara masih di sediakan di Tanjung Ria karena dinilai jauh ke kantor BPJS Kesehatan," kata Bertrand.

Bertrand menjelaskan, sebelum peserta menelpon sebaiknya yang harus di persiapkan syaratnya, yaitu nomor Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk masing-masing peserta, nomor NIK, nomor rekening bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan alamat yang lengkap.

"Peserta wajib melakukan pembayaran pertama ke bank, dan memiliki nomor telepon yang aktif. Siapkan data yang dibutuhkan, nomor virtual account di kirim melalui nomor handphone atau alamat email peserta, bayar iuran 14 hari sesuai sistim setelah virtual service diterima, maka kartu akan dikirim sesuai alamat peserta. Kami bekerjasama dengan agen Care Center atau kurir," kata Bertrand.

Sebagai informasi tambahan, sampai saat ini sudah terdapat kanal-kanal pendaftaran langsung, yaitu ke kantor BPJS Kesehatan, Kantor Layanan Operasional kabupaten/kota, dan Liaison Office, melalui aplikasi New e-DABU untuk peserta PPU, melalui online website www.bpjs-kesehatan.go.id atau melalui bank ang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan (BNI, BRI, dan Mandiri). (Ramah)

Dibaca 94 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.