Pemkab Merauke Genjot Infrastruktur Venue PON

  |  August 20, 2017

Pemkab Merauke Genjot Infrastruktur Venue PON

Olahraga Written by  Sabtu, 22 April 2017 23:55 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bupati Merauke Freddy Gebze

 

JAYAPURA,- Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Kabupaten Merauke terus menggenjot pembangunan infrastruktur venue.
"Untuk anggaran APBD 2017, kami sudah anggarkan 500 miliar," tutur Bupati Merauke Freddy Gebze kepada wartawan di Jayapura, Kamis kemarin.


Bupati Freddy mengaku, setelah ditunjuk sebagai salah satu Kabupaten yang akan menjadi tempat pelaksanaan PON, selain menggenjot pembangunan infrastruktur seperti Venus, dan infrastruktur penunjang lainnnya seperti jalan, pihaknya  juga diminta untuk mempersiapkan logistik pangan dalam hal ini beras.
"Saat pelaksanaan Musrembangda Provinsi kemarin, kami memberikan apresiasi kepada Pemprov dalam hal ini Gubernur yang memfokuskan kita untuk persiapan logistik PON. Jadi kalau Timika kita tahu mereka punya  mineral dan batu bara. Nah, kita di Merauke punya beras itu yang akan kita akan genjot," kata Bupati Gebze.
Terkait persiapan PON dari segi infrastruktur, Bupati mengaku, saat ini pihaknya tengah membangun infrastruktur  jalan penghubung dari ibukota Merauke ke lokasi Venus yang berada di daerah Mopah Lama dekat bandara udara setempat.
“pada prinsipnya PON Pasti berjalan. Jadi untuk cabor sepakbola kita tawarkan ada satu grup yang main di Merauke termasuk semifinal dan final nantinya di Jayapura. Artinya kita mau supaya ada perputaran ekonomi yang sudah terbagi di lima wilayah tersebut. Kami sudah minta MoU khususnya beras untuk bagaimana persiapkan logistik pangan Papua artinya pangan apapun akan diprotek dilindungi oleh Merauke," bebernya.
Sementara itu ditanya soal cabor yang cocok untuk dipertandingkan di wilayah Merauke, Freddy menyebutkan, setidaknya ada lima. Cabor yang dipersiapkan antara lain, taekwondo, tinju, termasuk balap motor.
"Dilihat dari luas wilayah, kondisi geografis, Merauke basisnya atletik kemungkinan khususnya untuk nomor lempar tolak karena taekwondo, tinju, kita sebenarnya punya akses untuk balapan motor yang kita harapkan. Lalu kalau untuk kuda, kita sangat hati hati  takutnya karena tempatnya jauh ada masalah," jelasnya.
Freddy menambahkan, terkait penyelenggaraan PON ini sebaiknya dari lima cluster yang ditunjuk itu harus duduk bersama. Lalu masing masing menunjukkan keunggulan wilayahnya, sehingga penyelenggaraan dari segi anggaran bisa ditekan, sumber daya, sarana dan prasarana serta akomodasi juga harus tersedia dengan baik. (Bams)

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.