Dishub Papua Sarankan Pengurangan Angkutan Jurusan Waena | Pasific Pos.com

| 21 July, 2019 |

Dishub Papua Sarankan Pengurangan Angkutan Jurusan Waena

Index Kota Jayapura Penulis  Jumat, 23 Januari 2015 10:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Kepala Bidang Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Sutanto menyarankan adanya pengurangan kendaran angkutan umum yang beroperasi dari Abepura ke kawasan Waena, Kota Jayapura.
Saran tersebut, kata Sutanto, menyusul kerap terjadinya penumpukan kendaraan angkutan umum disekitaran Traffic Light hingga arah Waena, yang menyebabkan kemacetan jalan dikawasan tersebut.
 “ Kami sarankan adanya pengurangan kendaraan angkutan umum untuk jurungan Waena.  Sebab kerap terjadi kemacetan jalan di kawasan tersebut yang rata-rata disebabkan menumpuknya kendaraan angkutan umum,” ungkap Sutanto usai menghadiri rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Mapolda Papua, Kamis (22/1).
Selain pengurangan angkutan umum, Sutanto juga menyarankan adanya maksimalisasi jalan dari Traffic Light  Abepura hingga Uncen, guna mengatasi kemacetan jalan. Masalah tersebut, katanya, juga telah dibahas dalam rapat Forum LLAJ, agar dimaksimalisasi kapasitasnya dengan pelebaran jalan sepanjang 1 hingga 2 meter.
 “Dari beberapa Kilometer jalan, kerap terjadi penumpukan kendaraan di kawasan Abepura arah Waena. Nah ini perlu adanya pembahasan, sedangkan sisa kendaraan bisa dialihkan ke kawasan lain. Kemudian di  jalan didepan Jalan SPBU lama, Kota Jayapura, yang kerap terjadi antrian kendaraan, mengingat pertemuan kendaraan dari arah Pelabuhan ke Kota,” paparnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Sutanto berpendapat perlu adanya persamaan persepsi antara penanggung jawab jalan yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sehingga tidak terjadi masalah baru dalam menyelesaikan satu masalah.
Sementara mengenai kondisi jalan yang tidak memiliki pembatas jalan di beberapa titik di Kota Jayapura, Sutanto  menilai sudah mulai dibenahi oleh Pemerintah Kota Jayapura. Hal itu terlihat adanya pemasangan pembatas jalan, hingga pengaspalan jalan, meski baru memasuki tahap awal.
 “Masalah perbaikan jalan, termasuk di Kota Jayapura juga masuk dalam pembicaraan dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).  Sekarang bisa kita lihat proses pengaspalan, artinya secara bertahap tengah dibenahi,” ujarnya. (Syaiful)

Dibaca 2175 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.