Polisi Pelabuhan Bangun Kemitraan dengan Buruh Lepas | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Polisi Pelabuhan Bangun Kemitraan dengan Buruh Lepas

Index Kota Jayapura Penulis  Kamis, 22 Januari 2015 23:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Guna meminimalisir tindak kejahatan maupun masuknya minuman keras illegal melalui Pelabuhan Jayapura, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura membangun kemitraan dengan buruh lepas Pelabuhan Jayapura.
Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura, Iptu Abraham Soumilena saat ditemui wartawan usai melakukan pertemuan dengan puluhan buruh lepas pelabuhan menegaskan, penggalangan itu dilakukanya, karena buruh lepas sangat rentan menjadi korban kecelakaan kerja.
Ditambag lagi, sambung dia, buruh lepas pelabuhan bekerja tanpa jaminan jamsostek, yang dapat melindungi nyawanya maupun jaminan untuk keluarganya.  ”Mereka rentan menjadi korban, misalnya kecelakaan kerja pada tahun 2014 lalu, terdapat buruh yang meninggal, dikarenakan terinjak barang dari peti kemas yang menyebabkan meninggal dunia,” jelas dia.
Berdasarkan pantauannya, Kapolsek mengaku kerap melihat buruh lepas naik disela-sela Truk Tronton pembawa Peti Kemas, tanpa mempertimbangkan nyawanya. Hal ini juga yang menjadi, Polsek KPL Jayapura membangun komunikasi untuk sekedar melakukan pembinaan terhadap buruh lepas.
Kapolsek juga menyatakan telah berkomunikasi dan bekerjasama dengan pihak Kasat Lantas Polres Jayapura Kota dan Polres Jayapura untuk mengawasi para Truk Tronton tersebut. Pihaknya meminta agar kepolisian setempat menindak tegas para sopir Truk Tronton dengan ancaman penjara apabila melanggar keselamatan buruh.
Pihaknya juga mengklaim tindakan tegas tersebut dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya. “Kalau bisa ditilang sopirnya, supaya mereka bisa sadar akan larangan membawa penumpang sembarangan di tronton, yang bisa menyebabkan kecelakaan dan berujung kematian,”katanya.
Kapolsek menambahkan pihaknya akan mengagendakan pertemuan dengan buruh lepas secara ruin dengan melibatkan unsure Binmas Polsek KPL Jayapura. Selain dengan buruh lepas, kata Kapolsek, pihaknya juga menggalang buruh TKBM untuk membantu pengawasan di Pelabuhan. (Syaiful

Dibaca 821 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.