Pemkab Jayapura Hanya Buka Pendaftaran CAPRA IPDN Asli Papua | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Pemkab Jayapura Hanya Buka Pendaftaran CAPRA IPDN Asli Papua

Index Lintas Daerah Penulis  Kamis, 18 September 2014 20:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sentani,- Seleksi penerimaan calon praja (Capra) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014 di Kabupaten Jayapura hanya di prioritaskan kepada putra-putri asli Papua, khususnya yang berasal dari Kabupaten Jayapura, hal ini di lakukan mengingat pada tahun lalu target bkelulusan Capra IPDN asli Papua dari Kabupaten Jayapura sangat minim dari yang di harapkan.
“Tahun ini kabupaten Jayapura hanya menerima calon Praja IPDN khusus putra putri asli Papua khususnya dari Kabupaten Jayapura, hal ini kami lakukan sebab pada tahun 2013 calon praja IPDN yang berdarah papua hanya 5 dari 9 orang yang lulus, itupun sebenarnya mereka bukan asli Papua, hanya peranakan saja,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Alex Rumbobar di ruang kerjanya, Senin (1/9/2014).
Dari penerimaan tahun 2013 yang lalu tersebut, lanjut Alex, sebenarnya pemerintah daerah Kabupaten Jayapura sangat di rugikan, sebab putra putri asli Kabuaten Jayapura tidak di akomodir sama sekali, padahal kontribusi kabupaten Jayapura sangat besar jika di kaitkan degan keberadaan kampus IPDN Papua dimana pembangunan kampus IPDN Papua in di bangun di atas lahan milik Pemerintah daerah Kabupaten Jayapura.
“Lahan dimana kampus IPDN Papua di bangun adalah lahan milik Pemerintah Kabupaten Jayapura, jadi berdasarkan pengalaman tahun lalu sebernarny akami sangat di rugikan dan merasa tidak di hargai, sebab kami sebagai pemilik lahan tapi tidak ada satupun putra putri yang berdarah asli dari Kabupaten Jayapura yang di terima menjadi Praja IPDN padahal kualitas anak-anak kami ini cuup mampu bersaing, ini yang kami sesalkan, oleh karena itu untuk meutupi kuota tahun lalu ya terpaksa tahun ini penerimaan kita batasi hanya untuk putra putri asli Papua, dari Kabupaten Jayapura,” tegas Alex Rumbobiar.
Namun demikian, Alex menjelaskan bahwa untuk penerimaan Capra IPDN di tahun 2015 kemungkinan pihaknya akan kembali membuka untuk umum, namun tetap prioritas pada putra putri asli Papua, itupun nantinya menyesuaikan kebutuhan di lapangan.
“Untuk formasi umum kemungkinan nanti akan dibuka tahun depan saja (2015), jadi ini sifatnya selang seling untuk memenuhi kuota yang ada, namun untuk putra putri asli papua tetap jadi prioritas,” jelas Alex Rumbobiar.
Sementara itu ketika di singgung terkait dengan jumlah kuota Capra IPDN tahun 2014 dari Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar menjelakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan informasinya, sebab memaang berdasarkan pengalaman tahun lalu dan sebelumnya, kouta tersebut tidak pernah di umumkan, namun untuk antisipasi, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada Calon Praja IPDN asli Kabupaten Jayapura agar mereka bisa lebih siap mengikuti tahapan seleksi. (arf)

Dibaca 3898 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.