Polres Jayapura Dukung Penuh Pelaksanaan Perda Miras | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Polres Jayapura Dukung Penuh Pelaksanaan Perda Miras

Index Lintas Daerah Penulis  Kamis, 18 September 2014 20:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sentani ,– Terkait dengan adanya pernyataan dari Ketua DPRD Kabupaten Jayapura terkait dengan keberadaan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang saat ini sudah dalam tahap harmonisasi di tingkat Dewan atau dengan kata lain sudah mencapi 80 persen akhirnya mendapat sambutan dari Kapolres Jayapura.
Kapolres Jayapura, AKBP. Sondang Siagian, S.Ik. ketika di temui di ruang kerjanya pekan kemarin, mengungkapkan bahwa sebagai institusi milik pemerintah, jajaran Kepolisian yang dalam hal ini adalah Polres Jayapura akan selalu mendukung upaya positif dari pemerintah daerah dalam upaya memperbaiki kualitas masyrakatnya, termasuk yang dalam hal ini adalah terkait dengan pengaturan penjualan minuman keras di Kabupaten Jayapura yang dalam watu dekan akan di sahkan menjadi sebuah Peraturan Daerah.
“Kami dari Pihak Kepolisian akan mendukung penuh dalam upaya penegakan peraturan daerah terkait miras yang akan segera di sahkan, sebab kam iini adalah aparat pemerintah jadi ya kami akan ikut apa yang di tetapkan pemerintah, apalagi ini sifatnya positif terkait dengan Miras,” ujar Kapolres.
Kapolres menambahkan bahwa dari data yang ada sebagian besar peristiwa kriminal yang ada di masyrakat ini past ada kaitannya dengan Miras, baik itu mulai dari tindakan penganiayaan, pencurian, kecelakaan lalu lintas dan berbagai peristiwa kriminal lainnya baik itu yang menimbulkan korban jiwa maupun yang tidak menimbulkan korban jiwa, oleh karena itu sebagai penanggung jawab di jajaran Polres Jayapura, Kapolres sangat antusian dengan rencan aakan di sahkannya Raperda Miras menjadi sebuah perturan daerah yang sah.
“Selama ini kami sering menerima laporan dari masyrakt terkait banyaknya orang mabuk yang berkeliaran di jalan dan menganggu masyrakat, namun karena belum adanay peraturan yang sah, kami dari institusi kepolisian belum bisa melakukan tindakan hukum yang mengakibaakan efek jera terhadap orang yang mengkkonsumsi miras dan menganggu ketertiban umum, jadi selam ini yang kita terapkan hanya berupa tindak pidana ringan yang tidak terlalu berdampak,” jelas Kapolres.
Selain itu, lanjut Kapores, dengan keberadaan Badara Sentani yang merupakan pintu gerbang keluar masuk dari dan ke Papua ini menjadi sangat rentan terhadap upaya penyelundupan miras, utamanay ke wilayah pengunungan Papua, oleh karena itu dengan adanay perda ini maka pihaknya sudah bisa melakukan tindakan hukum dalam mencegah peredaran dan penyelundupan Miras ke pedalamam Papua.
“Dengan adanya Perda miras ini, maka kami dari Polres Jayapura bisa melakukan tindakan-tindakan hukum bagi para penyelundup miras ke pedalaman Papua, memang selama ini sudah banyak yang kita tangkap, tapi ya itu, karena belum ada aturan yang jelas maka hukuman yang kami berikan juga tidak terlalu menimbulkan efek jera, nah dengan adanya perda ini kami yakin, kami bisa mengamankan kabupaten Jayapura dari penyalahgunaan minuman keras, dan yang paling penting adalah adanya penyelematan generasi muda dari cengkraman Miras,” tegas Kapolres. (arf)

Dibaca 1563 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.