Imam: Stok Aman Dan Masih Memadai

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Imam: Stok Aman Dan Masih Memadai

Papua Selatan Written by  Selasa, 06 September 2016 14:35 No comment
Rate this item
(0 votes)

MERAUKE,-Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog, Imam Subono mengemukakan, terkait dengan ketahanan pangan maka stok yang ada masih memadai hingga enam setengah bulan ke depan. Artinya,

dalam jangka waktu enam setengah bulan ke depan stok masih aman. Namun untuk proses pengadaan akan tetap dilanjutkan. Sedangkan dari sisi penyaluran perbulan, untuk Raskin yang disalurkan rata-rata 1.284 ton, untuk golongan anggaran 396 ton dan lainnya 133 ton.
Ini menandakan rata-rata 1 bulan pihak Bulog menyalurkan 1.813 ton. Lebih lanjut dikemukakan, untuk di lingkup Divre Papua dan Papua Barat sekitar 12,5%. Dari sisi pengadaan tahun 2016 ini Bulog sudah melakukan pengadaan sekitar 19.863 ton dan ini sesuai dengan target distribusi untuk Papua dan Papua Barat. “Terkait dengan pengadaan ini karena Merauke adalah lumbungnya beras. Artinya, produksi beras sebagian besar ada di Merauke,”terangnya pada Focus Group Discusion (FGD) potensi ekonomi Kabupaten Merauke bersama Bupati Merauke dan Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN di Swiss-belHotel belum lama ini.
Menurutnya, rata-rata 90% pengadaan beras di Papua dan Papua Barat dari Merauke sedangkan untuk kabupaten lain secara umum masih tergolong kecil. Khusus untuk Divre Papua dan Papua Barat terdapat kantor Divre, 5 Sub Divre dan 5 Kantor Logistik.  Dari sisi gudang mampu menampung 58.700 ton serta dari sisi SDM memiliki 152 orang di wilayah kerja untuk sejumlah kabupaten/kota se- Papua dan Papua Barat.  Khusus untuk Kabupaten Merauke jumlahnya 15 orang dengan area area kerja meliputi 5 kabupaten, yakni Asmat, Mappi, Boven Digoel, Yahukimo dan Merauke.
Terkait dengan entitas, memiliki 1 kantor dan 9 unit gudang yang berada di kawasan Maro 1, Maro 2, Tanah Miring, Tanah Merah dan Kumbe. Kapasitasnya 10.700 ton dan dengan potensi yang dinilai sangat luar biasa dari daerah ini maka dapat dikatakan stok gudang telah melebihi angka tersebut dengan jumlah hampir 20.000 ton. Ditambahkan, dari sisi mitra kerja Bulog telah menjalin kerjasama dengan PT.JPLB yang juga merupakan anak perusahaan dari Bulog serta bekerjasama dengan mitra pengadaan yang semuanya terdapat di Merauke. (Istya Sari Utami)

Read 126 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.