BPPTSP Kota Jayapura Sudah Menerbitkan 8.245 Ijin Usaha

  |  August 18, 2017

BPPTSP Kota Jayapura Sudah Menerbitkan 8.245 Ijin Usaha

Kota Jayapura Written by  Jumat, 05 Agustus 2016 16:12 0
Rate this item
(0 votes)

Kepala BPPTSP Kota Jayapura, Yohanes Wemben

 

JAYAPURA,- Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Jayapura sejak bulan Januari-Juni 2016 sudah menerbitkan sebanyak 8.245 Ijin Usaha.

Kepala BPPTSP Kota Jayapura, Yohanes Wemben mengatakan, dari jumlah tersebut di dominasi oleh ijin usaha baru dan perpanjangan.
"Tapi yang jelas ijin usaha perpanjang lebih banyak. Ijin usaha yang paling dominan itu SITU, SIUP, dan IMB," kata Yohanes, Kamis (4/8).
Bila dibandingkan tahun lalu, BPPTSP Kota Jayapura sudah menerbitkan ijin usaha sebanyak 14 ribu dari Januari-Desember 2015.
"Gradenya tinggi untuk perijinan dan penanaman modal. Baru semester pertama saja sudah 8 ribu lebih, semester II kira-kira ada 16 ribu," ujar Yohanes.
Menurutnya, warga di Kota Jayapura bila ingin mengurus ijin usaha kebanyakan di bulan Oktober, November dan Desember. Karena pada bulan tersebut, akan berakhirnya masa berlakukan ijin usaha.
"Semakin banyak pelaku usaha baik swasta maupun yang berbadan hukum, karena pelayanan di BPPTSP mudah, cepat dan tepat dan tidak ada tambahan biaya asal sudah bayar urus pajak," ujar Yohanes.
"Kalau ada tambahan biaya lagi, itu repot urusannya. Bisa jadi gratifikasi atau pungutan liar (pungli)," tambahnya. (Ramah)

Read 134 times

Tinggalkan Komentar

Pastikan anda memasukan semua informasi yang diperlukan, yang bertanda (*). kode HTML tak diizinkan.