Sebanyak 120 UMKM di Kota Jayapura Ikut Pelatihan Kewirausahaan

  |  August 20, 2017

Sebanyak 120 UMKM di Kota Jayapura Ikut Pelatihan Kewirausahaan

Kota Jayapura Written by  Kamis, 28 Juli 2016 16:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Suasana kegitan UMKM yang digelar di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (27/7).

 

JAYAPURA, - Sebanyak 120 usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari lima distrik di Kota Jayapura, Papua mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Pelatihan yang digelar selama dua hari ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (disprindagkop) Kota Jayapura di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (27/7).
Susianti Minarsih, Kepala Bidang UKM Disperindagkop Kota Jayapura menyebut, terselenggaranya pelatihan tersebut untuk melatih pembukuan yang sesederhana mungkin.
"Karena selama ini bila mereka menerima bantuan tidak langsung digunakan artinya langsung habis seketika," kata Susianti.
Pelatihan kewirausahaan yang berlangsung selama dua hari yang notabenya masyarakat asli Papua, diajarkan tentang dinamika kelompok, kewirausahaan yang baik, menagemen keuangan, pelaporan hingga berinfestasi.
"Sebenarnya empat hari tapi kami keterbatasan dana. Pelatihan ini berlangsung sesuai dengan dana yang ada di Disperindagkop kota. Dengan ilmu yang kami berikan ini, para pelaku UMKM menjadi pengusaha yang sukses tanpa harus berharap sama orang lain terus," ujarnya.
"Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan, karena mereka ingin maju. Pelatihan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kota Jayapura. Ini pelatihan yang keempat kalinya kami laksanakan," ujarnya.
Ditempat yang sama, Dorcy Felle salah satu pelaku usaha pinang di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini mengaku, senang bisa mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan.
"Menurut saya ini sangat baik, karena selama ini kalau ada bantuan dari pemerintah, uang diberikan habis entah kemana. Dengan pelatihan ini saya menjadi tau cara menggunakan uang dengan baik dan benar agar bisa mengembangkan usaha saya," ujar Dorcy. (Ramah)

Dibaca 183 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.