Tidak Miliki Izin Kesehatan, Penjual Air Galon Akan Ditertibkan | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Tidak Miliki Izin Kesehatan, Penjual Air Galon Akan Ditertibkan

Index Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 18 September 2014 16:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA-Walikota Jayapura DR.Benhur Tomi Mano, MM memberikan warning atau peringatan kepada para pemilik atau penjual air galon, jika dalam usahanya itu tidak memiliki izin kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan, maka pihaknya akan menertibkan usaha tersebut.
Warning yang diberikan walikota tersebut berkaitan dengan terjadinya wabah diare yang menyerang Kota Jayapura belakangan ini, yang disinyalir penyebabnya berasal dari konsumsi air galon yang tidak memenuhi kelayakan untuk dikonsumsi.
“Beberapa waktu lalu pihak RSUD Abepura telah meliris tingginya jumlah pasien penderita diare yang menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, wabah diare tersebut sudah menyebarkan ke seluruh wilayah distrik yang ada di Kota Jayapura,”ujarnya saat menghadiri suatu acara di Panti Asuhan Muhammadiyah belum lama ini.
Untuk mengetahui penyebab terjadinya wabah diare tersebut kata Walikota, pihaknya akan memperintahkan stafnya dari dinas kesehatan dan instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan atau penelitian sampel terhadap air galon yang yang dijual oleh warga.
Sebab berdasarkan pantauannya di lapangan kata dia, akhir-akhir ini usaha penjualan air galon cukup marak, hingga ke tingkat RT. Pihaknya menduga menjamurnya usaha penjualan air galon tersebut, tanpa ada pengawasan dari pihak instansi terkait, sehingga dengan bebasnya warga bisa membuka usaha penjualan air galon.
Sebab kata dia, juga usaha penjualan tanpa ada pengawasan atau pemeriksaan dari pihak instansi terkait, untuk mengetahui tingkat kesehatan, hyginitas serta kelayakan konsumsinya, dikuatirkan akan menimbulkan wabah penyakit diare seperti yang terjadi beberapa minggu terakhir ini.
“Nanti akan ada tim yang akan melakukan pemeriksaan dan penelitian di lapangan, jika nantinya ditemukan ada yang tidak memenuhi persyaratan, maka penjualan air galon tersebut akan langsung ditutup atau diberikan sanksi,” ujarnya.  

Dibaca 1057 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.