Pemkot Jayapura Bakal Menerapkan PATEN

  |  August 20, 2017

Pemkot Jayapura Bakal Menerapkan PATEN

Kota Jayapura Written by  Rabu, 20 Juli 2016 15:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Distrik Jayapura Selatan, Djong H.W. Makanuay

 

JAYAPURA, - Demi memudahkan pelayanan perijinan dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk dan dokumen penting lainnya, Pemerintah Kota Jayapura bakal memberlakukan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Permberlakukan Paten ini akan diterapkan di Distrik di Kota Jayapura, dan yang mendapatkan kesempatan pertama untuk menerapkan pelayanan itu adalah Distrk Jayapura Selatan.
Kepala Distrik Jayapura Selatan, Djong H.W. Makanuay kepada wartawan, Selasa (19/7) mengatakan, Peten merupakan layanan yang sangat efektif untuk memudahkan keperluan masyarakat.
"Distrik Jayapura Selatan yang akan melakukan adopsi penerapan pelayanan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sragen," kata Djong.
Paten merupakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010, dan di Indonesia Timur belum ada kecamatan yang menerapkan pelayanan ini.
"Dalam waktu dekat kami akan meminta  ijin kepada Wali Kota Jayapura untuk ke Sragen dalam rangka melakukan prosedur ketetapan pelayanan ini," ujarnya.
Menurutnya, kunjungan ke Sragen untuk melakukan pendekatan terkait cara pelayanan di sana yang kemudian akan diterapkan di Kota Jayapura khususnya kepada warga di Distrik Jayapura Selatan.
Selain Paten tersebut, disebutkannya bahwa tahun depan juga pihaknya akan menerapkan dua kegiatan perijinan, yaitu perijinan dan non perijinan.
"Ada skala tententu yang akan diberikan perijinan yang bisa dan tidak. Seperti ijin warung makan, kios, dan rental ini bisa yang langsung melalui peraturan Wali Kota dan sementara sudah kami kerjakan infrastrukturnya," ujarnya. (Ramah)

Dibaca 189 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.