BTM: Perempuan Penting Dalam Pencegahan Korupsi

  |  August 20, 2017

BTM: Perempuan Penting Dalam Pencegahan Korupsi

Kota Jayapura Written by  Rabu, 22 Jun 2016 08:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wali Kota Jayapura, Doktor Benhur Tomi Mano

 

JAYAPURA,- Wali Kota Jayapura, Doktor Benhur Tomi Mano mengatakan, dalam pencegahan korupsi, perempuan juga ikut andil dalam meningkatkan akses informasi terhadap layanan hukum.

"Ini merupakan satu perubahan di atas Tanah Papau. Perempuan kam tra korong," kata BTM dalam seninar sehari gerakan anti korupsi di Hotel Aston Jayapura, Selasa (21/6).
Menurut BTM, Kota Jayapura merupakan barometer di Tanah Papua, sehingga kepedulian dalam akses informasi merupakan komitmen bersama karena Indonesia saat ini sudah darurat korupsi.
"Seminar ini sangat penting dilakukan terutama kaum perempuan dari Sabang sampai Merauke sebagai aset pembangunan yang memiliki keterpanggilan untuk memperjuangkan hak-hak perempaun guna memberikan rasa aman dan nyaman," ujarnya.
Besar harapan BTM, bicara banyak terkait bahaya korupsi dinilainya tidak baik karena sudah merampas hak orang lain sehingga membuat orang lain menderita karena sudah melanggaran agama, moral, hukum dan keadilan.
"Korupsi terjadi dilembaga pemerintahan, dan berbagai kehidupan termaksud keluarga. Tentu korupsi sangat merugikan," ujarnya.
Dijelaskannya, untuk mencegah korupsi, Pemkor sudah menjalin kerja sama dengan BKP dan KPK sesuai dengan amanat UU, akan tetapi diakuinya, korupsi tidak lahir secara instan dan cepat tapi lahir karena ada desakan, bujukan dan rayuan sehingga korupsi itu terjadi.
BTM mencontohkan, setelah gajian suami pulang membawa gaji sudah tidak utuh karena habis direstoran dan karaoke, sehingga mengakibatkan hak istri dan anak terkuras hanya karena untuk kepentingan diri sendiri.
"Pola pikir yang harus diubah agar tidak tejadi korupsi sehingga dibutuhkan sesuatu yang strategis dalam penganannya untuk melawan korupsi khususnya di Kota Jayapura," tegas BTM. (Ramah)

Dibaca 169 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.