Pemkot Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Dinkes Propinsi Papua

  |  August 20, 2017

Pemkot Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Dinkes Propinsi Papua

Kota Jayapura Written by  Rabu, 15 Jun 2016 13:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Aron Rumeno, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur

Tomy Mano, MM dan Sekda Kota Jayapura, R.D. Siahaya, SH, MM yang telah membuat pertemuan bersama.
  Dari pertemuan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan dari Litbang Bio Medis UPT Kementrian Kesehatan RI di Provinsi Papua telah mempunyai persepsi (pandangan yang sama) tentang bagaimana mentuntaskan tiga jenis penyakit besar yang terjadi di Provinsi Papua umumnya dan Kota Jayapura khususnya, yaitu penyakit kusta, filariasis dan frambusia.
  “Ini sudah menjadi komitmen Kami bersama untuk memberantas tiga jenis penyakit ini mulai dari Tahun 2017-2020,” ungkapnya kepada wartawan usai pertemuan bersama di ruang rapat Walikota Jayapura, Senin, (13/6).
  Dijelaskannya, sudah beberapa hal yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dan Dinas Kesehatan Kota Jayapura Litbang Bio Medis UPT Kementrian Kesehatan RI untuk memberantas penyebaran tiga jenis penyakit itu.
  “Pertemuan ini, sebagai wujud untuk mempertegas komitmen untuk upaya percepatan pemberantasan penyakit-penyakit ini,” katanya lagi.
  Ditandaskannya, pada dasarnya penyakit penyakit kusta, filariasis dan penyakit kaki gajah ini mudah disembuhkan, karena baik yang menderita penyakit ini maupun yang tidak menderita penyakit ini ketika meminum obat untuk sembuh dan sebagai pencegahan, dan meminumnya dengan rutin, maka penyakit ini bisa dicegah/diberantas penyebarannya.
  “Kalau Kota Jayapura kekurangan stok obat, maka Kami masih mempunyai stok obat yang cukup banyak untuk membantu Kota Jayapura dalam mensuplai obat bagi penderita tiga penyakit ini, dan kalau kurang lagi, dari Kementrian Kesehatan RI siap mem-beck up,” imbuhnya.
  Baginya, pada prinsipnya ketiga jenis penyakit ini bisa diberantas, hanya saja itu bila dibarengi dengan kesepakatan bersama masyarakat untuk rajin meminum obat secara rutin hingga penyakit itu tuntas tidak ada lagi dalam tubuh sipenderita.
  Untuk itu, mengingat untuk menggugah masyarakat untuk rajin meminum obat, sudah pasti kedepannya pihaknya gencar melakukan sosialisasi dengan bekerjasama dengan berbagai komponen masyarakat seperti gereja, masjid, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda serta tokoh perempuan. Karena masyarakat selama ini tidak minum obat, karena mungkin tidak ada sosialisasi yang baik, dan ini sebenarnya tugas pihaknya, terutama Puskesmas sebagai lini terdepan.
  “Selama ini Kota Jayapura sudah jalan dengan melakukan pelayanan dari rumah ke rumah,” bebernya. (Erna)

Dibaca 294 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.