BTM : Saya Terus Upaya Menurunkan 10 Penyakit Besar di Kota Jayapura

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

BTM : Saya Terus Upaya Menurunkan 10 Penyakit Besar di Kota Jayapura

Kota Jayapura Written by  Selasa, 14 Jun 2016 14:31 No comment
Rate this item
(0 votes)

Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomy Mano, MM (tengah)
 

JAYAPURA- Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomy Mano, MM, mengatakan, dalam kepemimpin dirinya dan Wakil Walikota Nuralam, terus berusaha untuk menurunkan 10 penyakit besar yang selama ini terjadi di Kota Jayapura.

  Demi menurunkan angka 10 penyakit besar tersebut, kebijakan yang dilakukan ialah melalui puskesmas-puskesmas seperti membuka kelas pelayanan kesehatan bagi ibu-ibu hamil, pelayanan lanjutan usia, pemeriksaan USG, pelayanan mendeteksi gula darah dan asam urat, dan menempatkan dokter gigi dan dokter special di tingkat Puskesmas untuk melakukan pelayanan kesehatan.
  “Memang masih ada tiga jenis penyakit yang terabaikan yaitu penyakit Frambusia, Filaria (penyakit kaki gajah), dan kusta, tetapi Kami terus upayakan memberikan pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas bagi masyarakat,” ungkapnya kepada wartawan usai pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan seluruh Kepala Puskesmas yang ada di Kota Jayapura di ruang rapat walikota Jayapura, Senin, (13/6).
  Ditegaskannya, tiga jenis penyakit itu memang harus ditangani secara serius, mengingat dari data yang diperoleh dirinya bahwa tiga jenis penyakit ini cukup tinggi di Kota Jayapura, sehingga dirinya mengundang para Kepala Puskesmas se-Kota Jayapura, Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk bagaimana melakukan pendataan dan pemetaan terhadap tiga jenis penyakit ini cukup tinggi kasusnya, setelah itu dilakukan tindakan penanganannya, berupa pemberian obat sampai pasien tuntas sembuh penyakitnya supaya tidak menularkan kepada orang lain.
  Kebijakan berikutnya, adalah dirinya menurunkan tim kesehatan (dokter dan perawat) untuk melakukan pelayanan door to door (dari pintu ke pintu) untuk membawa air dan obat kepada pasien untuk meminumnya.
  “Kami juga akan programkan untuk minum obat secara massal, ini supaya menurungkan tiga jenis penyakit ini yang diharapkan kasusnya dituntaskan hingga Tahun 2020. Pemerintah Provinsi Papua sudah siap dengan dokter dan obat-obatan untuk membantu Kota Jayapura dalam memberantas tiga penyakit ini. Ini komitmen Saya,” jelasnya.
  Demi mendukung kebijakannya itu, maka dirinya juga merealisasikan program untuk menurunkan angka kemiskinan dengan pemberdayaan ekonomi rakyat, termasuk program menghilangkan perumahan kumuh, program pembangunan air bersih yang memadai dan berkualitas, supaya masyarakat sehat dan siap membangun pembangunan kedepannya. (Erna)

Read 200 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.