Kepala Daerah Diminta Serahkan Hasil Pileg | Pasific Pos.com

| 15 December, 2019 |

Kepala Daerah Diminta Serahkan Hasil Pileg

Index Sosial & Politik Penulis  Kamis, 18 September 2014 14:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,-  Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Papua diminta untuk segera mengajukan hasil Pileg ke gubernur agar Pemerintah bisa memproses SK pelantikan anggota DPRD terpilih.
Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa kemarin. Jadi, kalau sudah serentak masuk bulan ini, Oktober tau November sudah bisa dilakukan pelantikan. Lebih cepat lebih baik,’’ ujarnya.
Dikatakan, sampai saat ini proses penyelesaian hasil Pemilu legislatif (Pileg) di kabupaten/kota se-Papua masih banyak permasalahan yang belum diselesaikan. Baik antara pemerintah dengan KPU maupun DPRD dengan KPU.
"Setekah dilakukan pemilihan anggota legislatif kabupaten/kota pada 9 April lalu, ada kabupaten/kota yang telah sampaikan hasil berita acara pleno terbuka tentang penetapan hasil suara, tetapi banyak permasalahan persoalan antara pemerintah dengan KPU, DPRD dengan KPU belum diselesaikan secara baik," kata Doren.
Dengan adanya masalah itu, ujar Doren, Pemprov Papua mengharapkan kabupaten/kota yang ada di atas tanah Papua ini untuk segera menyelesaikan semua persoalan hasil Pileh sebaik-baikna di daerahnya masing-masing.
"Surat berita acara dari KPU harus disiapkan, kemudian KPU harus tanda tangan sebagai bukti atau melengkapi administrasi, dan hasil berita acara itu berdasarkan hasil keputusan KPU kabupaten/kota lalu ajukan kepada gubernur melalui bupati. Jadi bupati yang mengusulkan ke gubernur untuk memproses SK pelantikan anggota legislatif terpilih di 28 kabupaten/kota di Papua," ujarnya.
Ditegaskan Doren, jika langkah-langkah ini tidak diikuti kabupaten/kota, maka apabila permasalahan itu muncul terhadap Pemprov Papua, pihaknya tidak akan bertanggung jawab. Tetapi yang harus bertanggung jawab adalah pemerintah kabupaten/kota dengan KPU, dan Panwas yang ada di 29 kabupaten/kota.
"Untuk itu, saya minya kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera mengajukan hasil Pileg ke gubernur agar pemprov bisa memproses surat keputusan (SK) pelantikan," tegasnya.
Menurut Doren, jika seluruh kabupaten/kota sudah menyerahkan seluruh hasil Pileg pada bulan ini, Oktober atau November sudah bisa dilakukan pelantikan. "Karena lebih cepat lebih baik," tambahnya.
Saat ditanya sudah berapa kabupaten yang menyerahkan hasil Pileh, kata Dores, sampai saat ini enam kabupaten sudah menyerahkan, namun dari enam kabupaten, satu kabupaten bermasalah secara administrasi, yakni Kabupaten Kepulauan Yapen.
"Ada berita acaranya, tetapi keputusan KPU tidak ada. Jadi semua berkas harus dilengkapi baik. Untuk itu sebelum proses SK dilakukan, saya harap kabupaten/kota menyelesaikan semua masalah yang terjadi dan melengkapi seluruhnya, agar tidak ada persoalan yang dipermasalahkan di kemudian hari," katanya.
Ditempat yang sama, Kepala Kesbangpol Papua, Musa Isir mengatakan, enam kabupaten/kota yang sudah menyerahkan hasil Pileg ke Pemerintah Provinsi Papua, diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kepulauan Yapen, Puncak Jaya, dan Kabupaten Jayapura.
"Sampai saat ini baru enam kabupaten yang memasukan, itupun satu kabupaten bermasalah secara administrasi. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh kabupaten untuk segera menyelesaikan dan segera menyerahkannya ke Pemprov Papua, tetapi sebelum diserahkan lengkapi dulu semuanya," kata Musa Isir.

Dibaca 1308 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.