Mahasiswa Diharap Aktif Ikut Lomba Menulis

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Mahasiswa Diharap Aktif Ikut Lomba Menulis

Papua Selatan Written by  Kamis, 26 Mei 2016 08:49 No comment
Rate this item
(0 votes)

MERAUKE,-Mahasiswa diharapkan aktif mengikuti lomba-lomba menulis yang dilaksanakan sehingga mampu meraih prestasi dari karya menulisnya. Apalagi setiap tahun ada beberapa lomba yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Jayapura yakni sayembara penulisan cerita rakyat untuk guru, mahasiswa dan dosen dengan

membidik peserta di tingkat Provinsi Papua dan Papua Barat. “Dalam menulis tidak bisa hanya satu kali langsung bisa jadi. Tapi membutuhkan sebuah proses,”terang Ketua Umum Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Wilayah Papua, Eko Ari Prabowo saat memberikan materi pada pelatihan menulis ilmiah dan non ilmiah bagi mahasiswa di Gedung PKM Unmus belum lama ini.
Ia menjelaskan, jika mahasiswa sudah mengenal Agupena maka dapat saling membantu untuk sharing dan bekerjasama. Dalam hal ini kalau membutuhkan pendampingan dan latihan maka pihaknya dengan sukarela akan membantu. Oleh sebab itu ia menghimbau agar para mahasiswa juga dapat mengikuti lomba-lomba tersebut. Agupena dibentuk tahun 2009 silam dan yang memprakarsai adalah para pemenang sayembara naskah buku pengayaan. Tujuan dibentuknya Agupena untuk melatih dan menularkan kemampuan menulis kepada semua kalangan sehingga tradisi menulis ini dapat berkembang.
Pasca mengikuti pelatihan para mahasiswa diharapkan dapat membentuk kelompok-kelompok kecil dengan jumlah 10 hingga 20 orang untuk dibimbing secara khusus. Jumlah yang dirangkul memang tidak terlalu banyak agar proses bimbingan dapat berjalan optimal. Baginya, yang terpenting ada kemauan untuk menjadi seorang penulis maka proses bimbingan akan berjalan dengan lancar. “Jadi setelah pelatihan ini, jika ada mahasiswa yang memang memiliki hobi menulis cerpen atau ingin mengembangkannya menjadi penulis novel bisa mengikuti bimbingan. Di manapun tempatnya bisa dilakukan, tidak harus selalu di kampus. Yang Penting dengan bimbingan tersebut mahasiswa dapat aktif mengikuti lomba-lomba yang diadakan nanti,”harap pria yang juga mengajar di SMAN 2 Merauke ini.
Sekedar diketahui, sejumlah prestasi yang pernah diraih oleh Eko Ari Prabowo di bidang tulis menulis antara lain juara 1 sayembara penulisan naskah buku pengayaan kategori novel tingkat nasional tahun 2008, finalis lomba mengulas karya sastra tingkat nasional tahun 2006 dan juara III sayembara penulisan cerita rakyat tingkat Provinsi Papua tahun 2009 dan 2015. Selain berprestasi di bidang tulis menulis, ia juga pernah mendapat penghargaan dari UGM sebagai alumni berprestasi kategori daerah terpencil dan tertinggal tahun 2009. Tidak hanya itu, berbagai pelatihan menulis telah diikutinya di tingkat nasional dengan bimbingan langsung dari sejumlah sastrawan ternama seperti Taufik Ismail, Putu Wijaya, Maman S. Mahayana dan Yanusa Nugroho. (Istya Sari Utami)

Read 213 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.