Dubes Kanada Tanyakan Situasi Politik dan Keamanan Papua

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Dubes Kanada Tanyakan Situasi Politik dan Keamanan Papua

Info Papua Written by  Senin, 16 Maret 2015 22:53 No comment
Rate this item
(0 votes)

Jayapura,-  Pemerintah Provinsi Papua diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Papua TEA Hery Dosinaen, Jumat (13/3) menerima kunjungan resmi Duta Besar Negara Kanada untuk Republik Indonesia, HE Donald Bobiash.  
Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung lebih kurang satu jam itu. Dubes Donald Bobiash kepada wartawan mengaku, kedatangannya ke Papua adalah untuk kali kedua.
“Ini kali kedua saya datang ke Papua. Pertama saya datang bersama Presiden Jokowi untuk merayakan Natal setahun silam,”terangnya kepada wartawan yang biasanya mangkal Kantor di ruang kerja Sekda Papua.
Menurut Donald, beberapa warga Negara Kanada, ada yang bekerja di Papua. “Tadi pagi (kemarin-red) saya bertemu mereka dan kami sarapan pagi bersama,”akunya.  
Dijelaskannya rata – rata warga Negara Kanada yang bekerja di Papua adalah tenaga misionaris yang melayani jasa penerbangan ke pedalaman. Kemudian tenaga teknologi, guru dan juga tenaga kesehatan.
Sementara itu ditempat yang sama Sekda Papua Hery Dosinaen menjelaskan kunjungan Dubes Kanada ini adalah untuk melihat bagaimana program pembanguan Papua di era kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal.
Selain itu juga ingin melihat pelaksanaan perjalanan Otonomi Khusus di Papua serta melihat situasi politik dan keamanan yang ada di Papua.
Dubes Kanada juga ingin melihat bagaimana program pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta ekonomi kerakyatan, yang tentunya lewat program kebijakan Otsus, dimana pembagiannya lebih besar diberikan ke kabupaten/kota.
"Kebijakan ini yang kami harapkan dengan tujuan para bupati dan walikota bisa meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di kabupaten/kota,"ucapnya.
Dikatakan Sekda, dari Dubes Kanada sangat tertarik dengan melihat kondisi objektif yang ada. “Tentunya pasti ada kerjasama dengan Pemerintah Kanada dan Indonesia,”imbuhnya.
Pada pertemuan itu menurut Sekda, Dubes Donald juga mempertanyakan bagaimana  hubungan Papua dengan Negara kawasan Pasifik.
Dikatakan Sekda dalam kepemimpinan Lukmen,  telah membuka atau mencairkan semua pandangan dalam aspek politik. Tetapi saat ini Pemprov Papua sudah membuka akses untuk semua Negara, termasuk negara Pasifik, khususnya kerjasama ekonomi.
“Tetapi Dubes lebih menekankan pada kerjasama pendidikan, kesehatan dan ekonomi,”tandas Sekda Dosinaen. (Bams)

Read 775 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.