Pattimura Semangat bagi Generasi Muda

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Pattimura Semangat bagi Generasi Muda

Lintas Daerah Written by  Selasa, 17 Mei 2016 15:37 No comment
Rate this item
(0 votes)

Mathius Awoitauw, SE, M.Si

 

SENTANI- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pattimura ke-199 tahun 2016 ini harus menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh generasi muda khususnya yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura maupun di Provinsi Papua dan umumnya yang ada diseluruh Indonesia untuk menghayati arti dan semangat perjuangan Pahlawan Pattimura.

Hal itu ditegaskan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan usai melepas peserta pawai Obor Perjuangan dalam rangka memperingati HUT Pattimura ke-199 tahun 2016 yang jatuh tiap tahun pada tanggal 15 Mei, yang dimulai di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/5) malam lalu.
Malam ini (Sabtu, 14/5 lalu) baru saja kita lepas peserta pawai obor Pattimura dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura menuju Kota Jayapura. Jadi, makna dari pawai obor ini bagi generasi muda sekarang adalah bagaimana semangat Pattimura itu terus akan dikobarkan sebagaiman obor yang menyala dan diusung sepanjang jalan untuk menuju Kota Jayapura, katanya.
Dikatakan, semangat ini harus diteruskan kepada Pattimura-Pattimura baru atau Pattimura-Pattimura muda baik yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura maupun di Papua, dan juga diseluruh Indonesia.
Kita berharap untuk agenda atau kegiatan seperti ini untuk tahun-tahun yang akan datang, tidak hanya diperingati oleh komunitas orang Maluku saja karena ini (Pattimura) adalah pahlawan Nasional. Tapi, menjadi agenda daerah untuk diperingati diseluruh Kabupaten/Kota Jayapura atau di Papua supaya bisa dihadiri oleh semua komponen masyarakat, harapnya.
Lebih lanjut kata Bupati Mathius, semangat pantang menyerah Pattimura merupakan bentuk heroik melawan sistem monopoli dan praktek penjajahan yang otoriter dan tidak mensejahterakan rakyat. Semangat itu merupakan motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk bersama pemerintah membangun bangsa dan negara ini.
Dengan semangat perjuangan Pattimura itu kita harus termotivasi untuk maju, cerdas dan berdaya saing dalam seluruh tugas dan pelayanan kita demi negeri ini. Sebab, janji Pattimura adalah Pattimura tua boleh hilang, tetapi akan bangkit Pattimura-Pattimura muda untuk meneruskan perjuangannya, tandas Mathius.
Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian Setda Provinsi Papua, Drs. Elia I. Loupatty, M.M., mengatakan bahwa kegiatan pawai obor perjuangan Pattimura ini menandakan regenerasi antara yang tua kepada yang muda.
Jadi, hal ini menunjukkan keberlangsungan dan keberlanjutan regenerasi dari Pattimura-Pattimura muda. Juga menggelorakan semangat pahlawan nasional agar rakyat Indonesia, khususnya yang ada di Provinsi Papua dan secara khusus di Kabupaten/Kota Jayapura dapat melihat di hari-hari yang akan datang ada pahlawan-pahlawan nasional lain yang kita kenal bersama dapat dirayakan secara meriah, walaupun dalam suasana sederhana, katanya.
Karena, kata Elia bahwa gelora pahlawan nasional ini penting sekali untuk generasi muda kedepan dalam berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat. (Jems)

Read 212 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.