Pentingnya Publikasi dan Publisitas PON XX

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Pentingnya Publikasi dan Publisitas PON XX

Opini Written by  Kamis, 12 Mei 2016 03:51 No comment
Rate this item
(0 votes)

Oleh : Yaan Yoku

Publikasi dan Publisitas adalah dua kata yang memiliki makna yang sama namun berbeda dalam pelaksanaannya. Dua-duanya bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak dalam membangun sebuah opini, dengan saluran media yang berbeda.

Namun kedua cara ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi khalayak dari sisi media informasi yang digunakan dalam mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai dan pasti tercapai tergantung bagaimana merencanakannya dan siapa yang merencanakan dan melaksanakannya.
Hari ini, dua tahun telah berlalu ketika Pemerintah Pusat menetapkan Provinsi Papua sebagai TUAN RUMAH Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX pada tahun 2020, melalui Surat Keputusan (SK) Menpora No. 0110 tahun 2014 tertanggal 2 April. Keputusan kala itu yang telah membuat peluang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Bali untuk menggelar multi event cabang olahraga ini tertutup, dan membuka ruang serta masa depan baru bersama semangat baru bagi Provinsi Papua dan seluruh masyarakat Papua untuk menapaki jalan panjang menuju sukses penyelenggaraan sebagai Tuan Rumah PON XX, sukses prestasi dan sukses ekonomi.
Peluang untuk menjadi TUAN RUMAH telah kita raih melalui sebuah kerja keras, kini langkah untuk menuju ke garis finish harus pasti. Namun kepastian untuk menuju ke garis akhir Tuan Rumah PON XX harus dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat di Provinsi Papua yang mendiami seantero tanah Papua pada 28 Kabupaten dan 1 Kota sebagai panitia besar penyelenggaraan PON XX yang mewakili cluster penyelenggaraan yang telahdi tetapkan
Kondisi riil hari ini gema PON XX sangat lemah sehingga tidak dapat mendongkrat nadi keberhasilan kita. Publikasi dan Publisitas PON XX tidak menjadi bagian penting sehingga dua tahun berlalu PON XX tidak menjadi bagian penting bagi masyarakat di Provinsi Papua, sehingga tidak menggugah partisipasi dan dukungan positif masyarakat bagi penyelenggaraan PON XX, hal ini terlihat dari adanya masalah tanah yang muncul bagi pembangunan infrastruktur PON XX yang dilakukan oleh beberapa kelompok masyarakat.
Padahal dukungan dan partisipasi positif dari masyarakat sangatlah dibutuhkan, apalah artinya ketersediaan dana yang cukup,tapi tidak ada dukungan dan partisipasi publik, maka akan menjadi batu sandungan yang besar bagi persiapan kita sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan PON XX Tahun 2020. Apalagi efektifitas waktu kerja kita hanya dua tahun dari empat tahun waktu efektif yang tersedia, 2016 s/d 2020.
Dengan rincian pelaksanaan sebagai berikut tahun 2016 penyusunan master plan perencanaan pembangunan infrastruktur pendukung PON XX, tahun 2017 s/d 2018 pembangunan fisik PON XX, tahun 2019 ujicoba fasilitas PON XX yang telah di bangun dan tahun 2020 pelaksanaan PON XX.
Dengan efektifitas waktu saat ini yang tersedia untuk kedepan nanti, maka dukungan publik dan dukungan dari seluruh stack holders pembangunan di Provinsi Papua sangat diharapkan dan dibutuhkan sekali dalam rangka sukses penyelenggaraan PON XX nanti. Untuk mencapai hal tersebut maka publikasi dan publisitas PON XX  harus mendapat perhatian yang serius dan dilakukan secara gencar dan berkesinambungan keseluruh pelosok tanah Papua agar masyarakat Papua tau bahwa kebijakan untuk Papua menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020 adalah program prioritas dari Pemerintah Provinsi Papua dibawah kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe, SIP. MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE. MM dan harus didukung oleh seluruh masyarakat di tanah Papua.
Tapi lebih dari itu, sukses tidaknya program ini taruhannya adalah nama baik Pemerintah dan Masyarakat Papua, lebih khusus nama baik Gubernur dan WakiL Gubernur, sebab ini adalah kebijakan dan program nasional yang dilaksanakan di Provinsi Papua, dan lewat perjuangan serta kerja keras sehingga Pemerintah Pusat telah mempercayakan hal ini dilaksanakan di tanah Papua, pertama kali dalam sejarah pemerintahan di Indonesia setelah sekian tahun Papua menjadi bagian dari NKRI. Karena itu, semua komponen masyarakat di tanah Papua harus berkomitmen dan menyatakan siap untuk mensukseskan Papua Tuan Rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020 nanti.
Sehingga melalui kesempatan ini, dengan melihat efektifitas waktu yang tersedia dan situasisosial masyarakat Papua terkini, maka SKPD tehnis dalam hal ini Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua yang menangani urusan publikasi untuk segera merumuskan konsep publikasi dan publisitas terkait PON XX melalui media massa dan media komunikasi yang tersedia sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak agar urusan ini menggema di seluruh tanah Papua dan menjadi denyut nadi seluruh masyarakat yang berada di Provinsi Papua.
Memang untuk membangun infrastruktur PON XX membutuhkan dana yang tidak sedikit, hasil estimasi yang dilakukan oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua keseluruhannya membutuhkan dana sebesar kurang lebih sepuluh triliun rupiah. Begitu juga dengan publikasi dan publisitas, membutuhkan dana yang tidak sedikit sebab publikasi dan publisitas mahal, karena menggunakan media massa yang tersedia baik cetak maupun elektronik dalam skala lokal dan nasional, agar gema dangaung PON XX tidak hanya lokal di Papua saja tapi menggema diseluruh Nusantara, sehingga masyarakat Indonesia di luar Papua percaya dan yakin bahwa Papua aman dan siap untuk menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan PON XX.
Sehingga dibutuhkan dukungan dan keberpihakan dari pimpinan dalam menyediakan dana bagi kegiatan publikasi dan publisitas PON XX. Tidak hanya itu, tapi juga dibutuhkan orang yang tepat untuk memanage sehingga tau how to publication and how to publicity about PON XX dengan menggunakan chanel atau saluran yang tersedia, dan juga tau bagiamana mengimplementasikannya
Sebab urusan infrastruktur PON XX serta Publikasi dan Publisitas PON XX memiliki sisi penting yang sama bagi suksesnya penyelenggaraan Papua sebagai Tuan Rumah PON XX Tahun 2020 dalam mengejar dan mempersiapkan sukses administrasi, sukses prestasi dan sukses perekonomian.

Penulis adalah PNS pada DISORDA Provinsi Papua

Read 296 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.