Masyarakat Usulkan Pemekaran Distrik Salor

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Masyarakat Usulkan Pemekaran Distrik Salor

Papua Selatan Written by  Kamis, 12 Mei 2016 03:08 No comment
Rate this item
(0 votes)

MERAUKE,- Masyarakat di wilayah Salor mengusulkan pembentukan atau pemekaran distrik baru di wilayah Distrik Kurik yakni Distrik Salor. Sesuai yang tercantum dalam aspirasi yang disampaikan ke DPRD Kabupaten Merauke, Distrik Salor akan mencakup lima kampung yakni Kampung Salor Indah, Ivimahad, Sumber Rejeki, Telaga Sari dan Wapeko.

Kepala Distrik Kurik, Drs. Stefanus Kaguop, kepada wartawan usai menyerahkan aspirasi usulan pembentukan Distrik Salor mengatakan ini merupakan aspirasi dari masyarakat yang menginginkan adanya pemekaran distrik baru di wilayah Salor. Selain itu, usulan pembentukan distrik baru ini juga dalam rangka proses pengembangan wilayah kedepan.
Jika usulan pembentukan distrik baru ini bisa terwujud, maka di wilayah Kumbe, Kurik dan Salor (Kusaku) ada empat distrik dan yang tiga saat ini sudah ada yakni Distrik Kurik sebagai distrik induk, Distrik Anim Ha dan Distrik Malind. “Mudah-mudahan Tuhan memberikan jalan ke pemerintah daerah dan parlemen (legisltaif) yang ada, untuk mendorong pembentukan distrik baru ini,”ungkapnya di Kantor DPRD Kabupaten Merauke.
Menurutnya, setelah ada pemekaran distrik baru, maka untuk kedepannya juga akan didorong untuk adanya pemekaran kampung di wilayah itu. “Pengembangan wilayah perlu diutamakan, sehingga pemerataan pembangunan sampai di kampung-kampung bisa terwujud,”ujarnya.
Sekertaris DPRD Kabupaten Merauke, Alberth A Rapami, usai menerima aspirasi usulan pembentukan Distrik Salor mengatakan secara administrasi maka aspirasi ini selanjutnya akan diserahkan ke pimpinan Dewan. Kemudian, dari pimpinan Dewan akan lanjutkan ke Komisi A yang menangani bidang pemerintahan guna ditindaklaanjuti dalam pembahasan di tingkat DPRD.
“Untuk pengembangan wilayah, dan ini merupakan aspirasi dari masyarakat, maka pemerintah diharapkan bisa menyikapi dengan baik, untuk proses pembentukan Distrik Salor,”ujarnya kepada wartawan. (Suyatmadi)

Read 244 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.