Jokowi Datang, Pasar Mama Papua Dibangun | Pasific Pos.com

| 22 January, 2018 |

Jokowi Datang, Pasar Mama Papua Dibangun

Headline Penulis  Rabu, 27 April 2016 11:25 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung kembali ke Papua Jumat 29 April hingga 30 April 2016. Dalam lawatannya ke Papua, Jokowi akan melakukan sejumlah kegiatan.  Diantarannya membuka kompetisi TSC (Torabika Soccer Championship) di Stadion Mandala Jayapura.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua, Elia Loupatty SE, menuturkan, kepastian kunjungan Presiden masih dalam pembahasan oleh  Staf Kepresidenan yakni antara tanggal 29 atau 30 April mendatang.  
“Hari ini kita rapat untuk pembangunan pasar mama Papua yang direncanakan akan dilakukan groundbreaking oleh Presiden RI Joko Widodo,” ujar Loupatty kepada wartawan usai melakukan Rapat dengan Staf Kepresidenan di ruang kerja Sekda, Selasa (26/4)
Diakui Loupatty, pemerintah Provinsi Papua menyambut gembira rencana kunjungan Presiden untuk meletakkan batu pertama pembangunan pasar mama Papua.  “Intinya hari ini kami merasa senang karena akhirnya ada kepastian terkait pembangunan pasar mama Papua. Sehingga kita tidak ragukan lagi janji Presiden,” aku Loupatty.
Ia menjelaskan, untuk pembangunannya ditangani langsung oleh Kementerian BUMN. “Jadi yang bangun dari kementerian dengan perusahaan yang ada dibawah BUMN. Yang punya tanah kan dari Damri, sedangkan pembiayaan pembangunan dari CSR dan seterusnya dari perusahaan dibawah BUMN,” jelasnya.
Sementara itu, untuk memulai pembangunan, tahap awal yang dilakukan adalah memindahkan bus bus Damri ke bengkel induk. Sedangkan operasionalnya dipindahkan ke terminal taman Mesran. “Info satu lokasi dengan pasar mama Papua, itu tidak benar. Nanti kita akan pindahkan,”tegas Loupatty menjawab pertanyaan wartawan soal lokasi terminal Damri akan berdampingan dengan pasar mama Papua.
Ditempat yang sama, Deputy Konstruksi Sarana Prasarana Kementerian Perhubungan, Ponta Tambunan menjelaskan, hari ini pihaknya mulai melakukan persiapan lokasi peletakan batu pertama. Serta memulai relokasi/pemindahan mobil mobil Damri ke lokasi yang telah disediakan. “Hari ini kita mulai kerja,” ucapnya. Ditanya apakah semua lokasi akan digusur? Tambunan menjawab hal itu masih dalam perundingan dengan Cipta Karya karena terkait pengaturan lokasinya.
Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XVII Cendrawasih, Kolonel Inf. Teguh Pudji Raharjo saat dikonfirmasi mengatakan, , Jokowi akan melakukan sejumlah kegiatan.
"Presiden Jokowi diperkirakan akan tiba di Jayapura melalui Bandara Sentani Kabupaten Jayapura pada sore hari menggunakan pesawat kepresidenan. Selanjutnya, pada pada Jumat petang akan membuka kompetisi TSC (Torabika Soccer Championship) di Stadion Mandala Jayapura," kata Kapendam. Selanjutnya, Sabtu 29 April 2016, Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama Pasar Youtefa Abepura. "Paginya presiden akan melakukan peletakan batu pertama Pasar Youtefa Abepura, selanjutnya, Presiden dijadwalkan akan ke Batas RI-Papua Nugini," ujarnya.
Dalam lawatannya ke Batas RI-PNG, Jokowi akan mengunjungi pembangunan Pos Lintas Batas Negara RI -PNG di Wutung Kota Jayapura yang pada beberapa bulan lalu baru ditemukan pembangunannya oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.
"Setelah dari batas, Presiden akan melakukan peresmian Pasar Phara Sentani, itu sekitar jam 12.00 siang," ujar Kapendam.
Selanjutnya, Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kota Sorong, Papua Barat. "Setelah dari Pasar Phara Sentani, Presiden dijadwalkan akan melakukan peresmian Bandara Deo sorong," pungkasnya. (Bams)

Dibaca 1034 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.