Sekda Yerry Buka Pelatihan Linmas

  |  July 23, 2017

Festifal Budaya Lembah Baliem ke 28

Sekda Yerry Buka Pelatihan Linmas

Lintas Daerah Written by  Rabu, 13 April 2016 20:27 No comment
Rate this item
(0 votes)

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien

 

Sentani – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, Selasa (12/4) Kemarin, membuka secara resmih kegiatan pelatihan dasar Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), digelar di Gedung Tabhita Sentani, Kabupaten Jayapura, yang diikuti oleh 30 peserta dari 5 Distrik di 4 wilayah Pembangunan.
Usai membuka kegiatan, Sekda Yerry berharap, kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini bisa menambah pengetahuan dari peserta dan juga bisa dipraktekan dalam kesehariannya saat kembali kekampungnya masing-masing.
“Pemerintah kan sudah konsisten agar setiap wilayah pembangunan di Kabupaten Jayapura tetap aman dan tertib. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, kami berharap bisa menambah pengetahuan peserta dan juga, mereka bisa mempraktekan semua itu saat mereka kembali ke kampungnya masing-masing,”harapnya.
Yerry mengatakan, saat ini pemerintah bukan hanya konsisten pada kemanan tapi juga pada Minuman Keras (Miras) dan narkoba, yang selama ini telah banyak merusak generasi penerus Papua dan Bangsa ini.
“Oleh karena itu, saya pikir kegiatan pelatihan dasar Linmas ini sangat perlu dilakukan guna menambah pengetahuan dasar para oeserta dalam menjaga ketertiban, kemanan, bahaya narkoba, Miras yang ada kampung maupun distrik,”bebernya.
Lebih lanjut Yerry menyampaikan, peserta pelatihan dasar Linmas ini, bukan hanya terlibat dalam bidang kemanan dan ketertiban dikampung saja, tetapi nantinya pada saat Pemilihan Ulang Kepala Daerah (Pemilukada) mereka juga akan dilibatkan untuk mensukseskan jalannya Pemilukada 2017 nanti.
“Tak lupa juga, saya berpesan agar para peserta bisa serius dalam mengikuti pelatihan dsar Linmas ini supaya, visi-misi Bupati Mathius Awoitauw SE. M, Si (“Jayapura baru”) bisa diwujud nyatakan dalam kepemimpinannya kedepan,”ucapnya.
Diakhir wawancaranya, Yerry menghimbau apabila sudah selesai mengikuti pelatihan dasar Linmas dan kembali ke kampungnya masing-masing, peserta juga harus membangun komunikasi dengan aparat kepolisian maupun TNI. Karena tanpa kordinasi ataupun kerjasama dengan Kepolisian dan TNI, semua akan sulit diwujudkan.
Ditempat yang sama, Kepala Seksi Linmas Satpol PP Kabupaten Jayapura, Oktovianus Yeuw menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan pelatihan dasar Linmas untuk menambah wawasan kinerja dari setiap anggota Linmas yang ada di semua wilayah Kabupaten Jayapura.
“Selama ini, anggota Linmas tidak memahami dengan benar fungsi dan tugas pokok mereka didalam kampung. Yang mereka tau, hanyalah aktif saat adanya Pemilukada, Pileg dan Pilpres. Mereka tidak tau bahwa selain itu, mereka adalah pelindung masyarakat yang harus bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kemanan dan ketertiban. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, mereka mengetahui apa yang harus mereka lakukan dalam keseharian mereka maupun pada saat Pemilukada tahun 2017 nanti,”terang Dia.
Okto memaparkan, Anggota kepolisian dan TNI hanya berada di tingkat distrik sedangkan yang ada bersama-sama dengan masyarakat adalah anggota Linmas. Jadi, ada gangguan-gangguan kemanan atau bencana alam, mereka yang alami langsung serta mengetahui seperti apa kejadian tersebut.
“Untuk itu, melalui kegiatan ini kami sangat berharap para peserta bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan kedepannya. Baik dalam melakukan penanganan dan juga kordinasi dengan pihak TNI/Polri diwilayahnya masing-masing,”tutupnya. (Jems)

Read 259 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.