Pasific Pos.com
Olahraga

IPSI Papua Gelar Kejurda Pencak Silat

Jayapura,- Memeriahkan HUT Kota Jayapura ke-108 sekaligus mempersiapkan atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Papua akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Silat memperebutkan Piala Bergilir Ketua DPRD Kota Jayapura.

Ketua Pengprov IPSI Papua, Abisay Rollo mengatakan kejurda pencak silat yang rencana diikuti 29 kabupaten/kota se-Papua ini akan memperebutkan piala bergilir Ketua DPRD Kota Jayapura.

Lewat kejurda ini, Abisay Rollo berharap dijadikan ajang merekrut atlet-atlet terbaik untuk perkuat kontingen pencak silat Papua menuju PON 2020 di rumah sendiri.

IPSI Papua berharap seluruh pengcab/pengkot IPSI dari 29 kabupaten/kota dapat mengirimkan perwakilan di kejurda ini. “Jadi kejurda ini sekaligus sebagai ajang seleksi atlet pencak silat,”katanya.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua Panitia Alfius Demena, S.E, MM menambahkan Kejurda kali ini merupakan perebutan piala bergilir Ketua DPRD Kota Jayapura yang pertama tahun 2018, sekaligus ajang seleksi atlet Papua menuju PON 2020 khususnya cabang olahraga (cabor) pencak silat.

“Kami sudah merencanakan dan memberikan pemberitahuan ke semua daerah, bahwa pelaksanaan ditanggal 22 – 24 Maret 2018 mendatang, namun seharinya sebelumnya ada penimbangan atlet sebelum pertandingan dimulai.”

Selain itu dalam Kejurda tersebut mempertandingkan 23 kelas dari 17 Laga dan 6 Seni Putra/putri dengan usia 18-34 tahun memperebutkan 24 medali emas, 24 perak dan 48 perunggu serta akan dihadiri tim Techincal Delegate (TD) IPSI Pusat saat Kejurda berlangsung.

Ketua Harian IPSI Papua Wa Ode mengakui setelah Kejurda akan dibentuk tim untuk melakukan seleksi PON 2020, meskipun terdapat 3 atletnya yang pernah bertanding di PON 19 Jawa Barat lalu.

“Tiga orang sudah siap tapi harus melalui seleksi lagi, tidak ada harga mati masuk lagi, siapa yang terbaik akan dibawa untuk membawa nama besar Papua di PON XX Tahun 2020,” tuturnya.