Pasific Pos.com
Kota Jayapura

IPDN Gelar Reuni Akbar Dan Yubelium 50 Tahun

Jayapura, Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dulu dikenal dengan nama Akademj Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) menggelar reuni akbar dalam rangka memperingati Yubelium 50 tahun.

Kampus IPDN yang berada di kompleks perkemahan Waena inj menggelar reuni akbar Kamis (5/7) dengan tema “Bhakti Pamong Praja di Tanah Papua Bersatu Dalam Yubelium APDN di Tanah Papua” serta Seminar Nasional Bhakti Karya Pamong Praja dengan tema “Stategi Membangun Papua Dalam Dua Dimensi”.

Ketua Panitia DR. Drs. Benhur Tommi Mano, MM yang juga Walikota Jayapura dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan reuni akbar ini merupakan pengabdian generasi lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APBN) mulai tahun 1969 sampai dengan 2018 sehingga masing-masing akademi mempunyai peran dan pengalaman yang berbeda-beda karena perkembangan pemerintahan dari waktu ke waktu sebagai bagian integeral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami berharap kepada Pamong Abdi Praja agar memberikan pelayanan yang cepat dan tepat serta dapat mempelajari berbagai pengalaman kerja yang mempunyai arti penting dalam perkembangan pemerintahan untuk mensejahterakan sekaligus menciptakan ketertiban dan ketentraman masyarakat guna membina kesadaran kebangsaan Indonesia” ujar Tommi Mano.

Sementara itu penjabat gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo menyampaikan permohonan maaf karena Menteri Dalam Negeri tidak bisa hadir. ” Saya mewakili Beliau untuk menyampaikan sambutan pada Acara Reuni Akbar dan Yubelium ke 50 Tahun Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Jayapura,” ujar Soedarmo.

Dikatakannya, Seminar Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Reuni Akbar dan Yubelium 50 Tahun Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Jayapura merupakan momen yang sangat berharga terutama bagi para Alumni untuk bangkit menjadi simpul-simpul utama dalam penyelenggaraan Pemerintah baik ditingkat Pusat maupun ditingkat Daerah.

Dalam proses penyelenggaran Pemerintah Daerah diharapkan jajaran Pamong Praja dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan pembangunan daerah dan bangsa serta dapat menjadi penggerak revolusi mental sehingga kami mengharapkan agar para Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan dapat menjadi Pamong yang inovatif untuk mempercepat pembangunan dan menjadi Pionir dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan Aparatur Pemerintahan yang bersih.

” Kami berharap agar seluruh Alumni Kepamongprajaan khususnya Alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Jayapura dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, memperkuat pencapaian tujuan pembangunan nasional serta senantiasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.