Pasific Pos.com
Papua Barat

IPA Belum Berfungsi, Warga Belum Menikmati Air Bersih

Manokwari, TP – Bangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang diserahterimakan Kementerian PUPR melalui Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PPSPAM) Provinsi Papua Barat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, setahun lalu, manfaatnya tidak bisa dirasakan masyarakat.

Dari pantauan Tabura Pos di IPA Amban, Manokwari, yang dibangun dengan anggaran miliran Rupiah itu, kegunaannya belum bisa dinikmati masyarakat. Bahkan kondisinya tidak terawat da ditumbuhi tanaman liar.

Salah satu warga Amban, P. Marpaung menyayangkan belum bisa difungsikannya IPA untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. “Kami tidak pernah menikmati air dari situ sejak diresmikan Bupati Manokwari, tahun lalu,” ungkap Marpaung kepada Tabura Pos di Amban, Sabtu (6/7).

Lanjut dia, pihaknya juga merasa resah lantaran bangunan tidak terawat dan terjaga, akhirnya dipakai oknum tertentu sebagai tempat berpacaran dan mengonsumsi minuman keras (miras).

Dikatakan Marpaung, dulu dijelaskan jika air belum bisa mengalir lantaran masih ada pipa yang bocor dan sedang dikerjakan pihak terkait, tetapi sampai sekarang, air belum bisa dinikmati masyarakat.

“Kami warga di sekitar Amban diberi pengharapan palsu oleh pemerintah, karena sudah diresmikan, tetapi tidak berfungsi sampai sekarang. Kita tidak tahu instansi mana yang bertanggung jawab, tetapi kami rakyat meminta pemerintah memperhatikan hal itu. Kenapa sampai sekarang air belum mengalir,” ungkapnya.

Marpaung menambahkan, warga juga tidak pernah mendapatkana penjelasan dari instansi terkait, kapan IPA itu bisa berfungsi. “Tapi kami minta pemerintah agar memperhatikan kebutuhan kami terkait air bersih,” harapnya. [CR46-R1]