Pasific Pos.com
Papua Tengah

Intelek Bisa Saja Provokasi Warga dalam Kondisi Tertentu

DOGIYAI – Emosional yang tak terbendung dan egoisme pribadi terhadap kehidupan pribadi seseorang dalam kehidupan sosial serta budaya kita saling menghargai dan saling menghormati. Dalam hal dalil menghargai dan menghormati, seperti kata alkitab ‘menghormati orang lain seperti diri kita sendiri’.

Sikap seperti itu dilarang dalam kehidupan manusia dimanapun kita berada. “Menghargai dan menghormati sesama yang lain ‘Kabomana’ dasar dari kehidupan manusia, maka kemampuan emosional kita dan kemampuan intelektualitas kita harus dipertimbangkan.

Akibat kemampuan emosional kita terhadap kondisi kehidupan tertentu, terutama biasanya terjadi itu pada saat pemilihan bupati atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan dalam promosi jabatan tertentu dalam pemerintahan, maka ASN Kabupaten Dogiyai harus berhati-hati dalam kondisi demikian itu,”.

Hal ini seperti diungkapkan Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa, SIP dalam amanatnya pada apel gabungan di halaman Kantor Bupati Dogiyai baru-baru ini di Moanemani.Dikatakan, intelek menjunjung kemampuan pribadi yang baik.

Aparatur Sipil Negera (ASN) harus dapat menunjukan kemampuan pribadi yang santun dan baik kepada masyarakat, apalagi selaku pelayan publik yang dapat disegani warga. “Memberikan contoh teladan dimana anda berada di tengah masyarakat. Bila berada di kantor harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang dipimpinnya,” ungkap Bupati Dogiyai seraya menambahkan, prinsip rasa adil di tengah-tengah warga tak boleh ada sikap pro dan kontrak atas keinginan masyarakat itu sendiri.

Intelek harus memiliki kemampuan dan menjadi pelayan dan kiranya dapat menjelaskan informasi yang baik dan benar. Kita manusia pada dasarnya sama, ada perbedan itu hanya karena pendidikan atau pengalaman seseorang.

Maka pada kesempatan itu, Bupati Dumupa mengharapkan semua PNS dan intelektual yang ada di daerah ini untuk memberikan pengertian kepada masyarakat, terutama dukungan warga terhadap pemilihan gubernur saat ini dan pemilihan anggota DPRD 2019 nanti atau dalam penempatan jabatan struktural dan jabatan fungsional dalam birokrasi pemerintahan.

Warga sangat membutuhkan informasi kita yang utuh dan jelas. Keamanan, komunikasi dan informasi pemerintah sangat menentukan kemajuan suatu daerah.

Prinsip pribadi kita dan kemampuan emosional kita membuat suatu pernyatan tertentu di tengah masyarakat. Hal-hal yang terukur baik yang disampaikan Bupati Dogiyai dalam setiap apel gabungan selama ini kepada aparat pemerintah yang dipimpinnya, semoga dimengerti sang pejabat di masing-masing SKPD atau OPD yang ada di Dogiyai dan diikuti aktualisasi dalam masyarakat. Pasti, Dogiyai akan ada perubahan kedepan.(don)