Pasific Pos.com
Papua Barat

Insentif Buat RT/RW Dipertanyakan

Manokwari, TP – Sejumlah pengurus RT/RW mempertanyakan pembayaran insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, yang sampai saat ini belum direalisasi.

Keluhan kali ini disampaikan Ketua RW X, Kelurahan Amban, Suparman. Dirinya menuturkan, dia dan pengurus RW lainnya, sampai saat masih binggung mengenai pemberian insentif dari Pemkab Manokwari, seperti yang dijanjikan Bupati, Demas P. Mandacan.

“Saya ini serba salah juga mas, mau suruh pengurus RT untuk perbaiki data warga dan program lain, tapi karena honor kami belum dibayar, mau bergerak pakai apa? lebih baik kami kerjakan pekerjaan kami untuk menghidupi keluarga kami, daripada urus hal hal itu, karena pembayaran honornya tidak jelas hingga saat ini,” ujar Suparman, saat dijumpai Tabura Pos di kediamannya, Senin (22/7).

Dia mengutarakan, bila terjadi seuatu persoalan di lingkungan warga, pasti pengurus RT/RW yang dicari untuk bantu selesaikan, namun persoalan pengurus RT/RW, tidak ada yang berikan kejelasan.

Dia mengutarakan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan data untuk menjalankan program dari Pemkab Manokwari, yakni penerapan Perbup terkait retribusi sampah.

“Kita sudah kumpul data-data warga, tapi kami belum serahkan ke lurah karena kami pengurus ada urus pekerjaan kami. Nantilah, kalau ada waktu kita serahkan ke pak lurah untuk ditindak lanjuti,”ucap Suparman.

Menurut Suparman, dirinya pernah dengar kalau honor RT/RW itu dibayar per triwulan, namun ada yang bilang per semester, akan tetapi hingga sekarang tidak ada juga honor yang masuk.

“Pemilu kemarin kita sudah kerja, dan hasilnya bisa dikatan berjalan dengan baik dan aman, tapi honor kami pengurus tidak turun juga sampai sekarang,”ucap Suparman.

Suparman menjelaskan, dirinya tidak bisa atau merasa sungkan untuk menyuruh para ketua RT untuk melakukan tuigas yang masih tersisa, karena insentif belum dibayar.

“Jadi inilah keluhan kami pengurus RT/RW, harap diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari,” tandas Suparman. [CR46-R4]