Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Inovasi Disperindagkop Kota Jayapura Tingkatkan Retribusi Karcis

 

JAYAPURA, – Tahun 2018, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura menargetkan penarikan retribusi karcis Rp 2 miliar.

Target ini akan dicapai hanya dengan mengandalkan tiga pasar tradisional di Kota Jayapura, yaitu pasar sentral Hamadi, pasar Yotefa, dan pasar Tanjung Ria.

“Inovasi yang kami lakukan adalah dengan mengoptimalkan penarikan retribusi, yang pertama kami mengubah cara penarikan retribusi, yang tadinya melalui bank sekarang kami alihkan dengan melakukan pemungutan langsung di pasar,” kata Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Sabtu (24/2/18).

Robert mengakui, pembayaran retribusi di Bank Rakyat Indonesia (BRI), banyak pedagang yang kesulitan untuk menyisihakn waktu karena harus meninggalkan dagangan.

“Pedagang keberatan karena harus meninggalkan jualan. Penjemputan langsung penarikan retribusi di pasar mendapat sambutan baik dari pedagang. Maka itu, kami optimis bisa mencapai target Rp 2 miliar. Pada 2017 target retsibusi karcis sebanyak Rp 1,4 miliar,” kata Robert.