Pasific Pos.com
Papua Barat

Inilah Syarat dan Kriteria Wakil Ketua DPR Papua Barat dari PDI Perjuangan

Manokwari, TP – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDI-P) Provinsi Papua Barat telah menyiapkan nama kadernya untuk mengisi posisi jabatan Wakil Ketua DPR Papua Barat periode 2019-2024.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat, Demas P. Mandacan mengatakan, penunjukkan kader untuk mengisi jabatan Wakil Ketua, tetapi hal itu harus mengikuti mekanisme partai dan semua akan diputuskan DPP PDI-P.

“Untuk jabatan Wakil Ketua II DPR Papua Barat, itu keputusan DPP, termasuk Ketua Fraksi juga akan ditentukan DPP,” tandas Mandacan kepada Tabura Pos di Lapangan Borarsi, Manokwari, belum lama ini.

Lanjut Mandacan, tugas DPD hanya mengusulkan nama ke DPP untuk mengikuti mekanisme. “Kami sudah usulkan. DPP minta semua nama caleg yang lolos di DPR Papua Barat. Kita dapat 7 kursi, jadi kita usulkan semua. Nanti DPP yang mengusulkan,” jelasnya.

Menurutnya, ketujuh anggota DPR Papua Barat terpilih itu berpotensi menjadi Wakil Ketua DPR Papua Barat, tetapi ada kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi.

“Syarat dan kriterianya seperti menjadi pengurus partai paling sedikit 5 tahun dan sudah pernah menjadi anggota DPR. Itu persyaratan untuk ditetapkan menjadi Wakil Ketua II,” tandas Mandacan yang juga Bupati Manokwari ini.

Ditambahkannya, DPP PDI-P juga sudah memanggil beberapa nama yang diusulkan DPD. “Untuk nama-nama nanti saja,” ujar Mandacan saat ditanya apakah sudah ada keputusan DPP terkait nama calon Wakil Ketua DPR Papua Barat. [SDR-R1]