Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Ini Upaya Manajemen Pelni Cegah Virus Corona

Pelni Cegah Virus Corona
Penumpang di Pelabuhan Jayapura saat naik ke KM Sinabung.

Pelni Cegah Virus Corona
Jayapura – Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Harianto Sembiring mengatakan, manajemen Pelni telah melakukan sosialisasi tentang pencegahan penularan virus corona beberapa waktu lalu dan ditindaklanjuti oleh seluruh kantor cabang termasuk di Jayapura.

“Ini kita lakukan sejak wabah virus corona menyebar di sejumlah negara di dunia termasuk di Indonesia. sosialisasi telah dilakukan di Jakarta dan Surabaya sebagai homebase (pangkalan induk) Pelni,” kata Harianto.

Ia menambahkan, kantor cabang telah diintruksikan untuk menyampaikan kepada para penumpang, dan staf atau pegawai Pelni pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona dan virus lainnya.

“Jadi setiap kantor cabang juga diinstruksikan untuk menyiapkan cairan pembersih tangan ketika masuk dan keluar kantor,” kata Harianto didampingi Nakhoda KM Sinabung, Capten Agus Sugeng Rianto, Rabu (11/3/2020).

“Sementara, di Pelabuhan Jayapura, pemeriksaan terhadap penumpang baik saat turun atau sebelum naik kapal dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” lanjut Harianto.

Senada dengan Harianto, Nakhoda KM Sinabung, Capten Agus Sugeng Rianto mengatakan, instruksi yang telah diberikan manajemen Pelni melalui sosialisasi beberapa waktu lalu direspon positif oleh para kru KM Sinabung.

“SOP yang telah dikeluarkan oleh manajemen Pelni untuk para kru kapal agar memperhatikan kesehatan lingkungan maupun pergaulan selama berinteraksi di atas kapal, kemudian makanan harus sesuai dengan standar Pelni tentunya yang bergizi, selain itu akan disediakan alat pendeteksi suhu tubuh untuk para kru kapal,” kata Agus.

Ia pun menegaskan memperhatikan SOP tersebut dan juga kepada seluruh awak KM Sinabung. Menurutnya, dalam upaya membantu Pelni mencegah penyebaran virus Corona di atas kapal, pihaknya menyiagakan tenaga medis satu orang dokter dan satu orang asisten dokter (mantri).

“Pada saat embarkasi (berangkat) kemudian menemukan penumpang di atas kapal dan diindikasi terkena virus corona setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis, maka penumpang tersebut ditempatkan di ruang khusus (isolasi) sambil kita berkoordinasi dengan kantor cabang yang dituju untuk penanganan selanjutnya,” ucapnya.
Pelni Cegah Virus Corona

Artikel Terkait

Antisipasi COVID-19, Papua Perketat jalur Perbatasan RI-PNG

Afrans

Varian Baru Covid Baru Lebih Ganas, Menkes Ingatkan Warga Papua di Perbatasan PNG

Afrans

Tinjau Vaksinasi di Kota Jayapura, Menkes Berpesan Utamakan Vaksinasi Lansia

Afrans

Kodim Jayapura Intensifkan Patroli Yustisi Guna Cegah Penyebaran Covid

Afrans

Giliran Jajaran Dinas Pendidikan Ikut Rapid Tes

Arafura News

Pemprov Papua Canangkan Vaksin Covid-19

Bams

Tahanan Dengan Gejala Covid Langsung Rapid Test

Arafura News

Tenaga Kesehatan Terpapar Covid, RSUD Tutup Layanan Umum

Arafura News

Legislator Papua : Jangan Manfaatkan Momentum Covid-19 Untuk Kepentingan Tertentu

Tiara