Pasific Pos.com
Papua Barat

Ini Sejumlah Program Dinsos Yang Direalisasikan

Manokwari, TP – Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Provinsi Papua Barat, Lazarus Indouw mengatakan, di tahun ini Dinsos telah memberikan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat Papua Barat.

Bantuan tersebut diantaranya, pembagian bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR), Pembagian bantuan bibit tanaman kepada kelompok bersama (kube) pertanian, dan kube pertukangan, serta bantuan ternak babi dan ternak ayam kampung.

“Semua bantuan ini telah kita lakukan di tahun ini melalui program pemberdayaan bantuan fakir miskin. Program ini masuk dalam 3 sub program yaitu program penanganan fakir miskin pedesaan, dan fakir miskin perkotaan.

Kemudian, fakir miskin pesisir, fakir miskin kepulauan, dan fakir miskin daerah perbatasan antara negera. Program kedua, program perlindungan dan jaminan sosial terkait dengan bencana alam dan bencana sosial,” terang Indouw.

Selain itu, tambah dia, di dinsos juga memprogramkan pemberdayaan sosial yang meliputi komunitas adat terpencil, program penanganan kelompok usaha bersama, program pemberdayaan karang taruna dan program pemberdayaan dunia usaha.

Dikatakan Indouw, pihaknya juga telah memprogramkan reabilitasi sosial. Dimana meliputi, penanganan disabilitas, pantai asusan, penanganan lansia, program penanganan anak-anak terlantar.

“Inilah program besar dan sub-sub program yang telah diprogramkan. Program ini telah direalisasikan kepada masyarakat di Papua Barat,” terangnya.

Dicecar tekait anggaran, ia mengaku, tidak begitu tahu, karena dari setiap program-program ini dipengang langsung bidang-bidang di Dinsos Papua Barat. Seraya dirinya mengklim, pembagian program-program tersebut sudah tepat sasaran. [FSM]