Pasific Pos.com
Papua Barat

Ini 7 Hal Penting Sebelum Mudik Lebaran

Manokwari, TP – Pihak Polda Papua Barat melakukan berbagai langkah antisipasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang hendak mudik, ikut merayakan Idul Fitri 1439 H.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono menjelaskan, ada 7 hal penting yang perlu dilakukan masyarakat sebelum melakukan mudik Lebaran.

Ia merincikan, hal pertama, kunci pintu rumah, pagar, dan mengamankan barang-barang berharga. “Kedua, matikan listrik, kompor, dan air saat meninggalkan rumah dalam waktu yang relatif lama,” jelas Supriyono dalam prees release yang diterima Tabura Pos, semalam.

Diungkapkannya, ketiga, sebelum mudik Lebaran, harus memperhatikan kelayakan kendaraan bermotor yang digunakan untuk mereka yang menggunakan kendaraan bermotor.

Keempat, sambung dia, apabila melakukan penukaran uang harus dilakukan secara resmi pada bank terdekat yang sudah ditunjuk pemerintah. Kelima, mencegah pelanggaran berlalulintas dan potensi kecelakaan dengan cara tertib berlalulintas serta keenam, mewaspadai kejahatan jalanan.

“Terahkir, waspadai kemungkinan adanya hipnotis, jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal saat ditemui di jalan atau tempat keramaian,” tutup Kabid Humas. [BOM-R1]