Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ingin Dilatih Home Industri, Ini Syarat Dari Kapolres

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum mengemukakan bahwa pada dasarnya pihaknya sangat terbuka kepada masyarakat asli Papua yang memang ingin maju dan meningkatkan ketrampilan di bidang home industri. Selaku Kapolres dirinya siap membina dan melatih dengan harapan masyarakat lokal nantinya dapat menggunakan ketrampilan tersebut untuk mendapat penghasilan dan mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi oleh masyarakat yang ingin dilatih, antara lain harus sehat dan ini menjadi indikator pertama yang ia wajibkan. Syarat berikutnya adalah memiliki komunitas atau kelompok paling sedikit berjumlah 5 orang. “Kalau boleh mereka bisa baca tulis namun jika tidak bisa ya, tidak apa-apa, tidak jadi masalah. Yang penting mereka patuh kepada sosok yang menjadi pemimpin di dalam kelompok itu,”jelas Untung Sangaji kepada ARAFURA News di ruang kerjanya belum lama ini.

Ia menjelaskan, masalah kesehatan memang menjadi faktor penting terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19. Oleh sebab itu warga yang akan dilatih harus menjalani rapid tes terlebih dahulu lalu yang bersangkutan harus menandatangani data diri. “Karena sifatnya meluas hingga keluar, jadi beda dengan yang sudah ada di lingkup Polres karena bisa langsung dibuat. Hal ini dimaksudkan agar kita punya agenda, punya program dan punya buku mutasi,”jelas Kapolres.

Tidak hanya itu, jika warga sukses dalam konteks pelatihan tersebut maka harus mereproduksi produk yang sudah dibuat selama pelatihan. Namun ia menegaskan bahwa proses pelatihan dilakukan secara bertahap begitupun dengan warga yang menjadi sasaran binaan. Oleh sebab itu ia meminta masyarakat agar tetap bersabar jika memang ingin mendapatkan pelatihan dari dirinya. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalankan aktifitas dengan baik. “Semua yang saya rancang ini sudah termasuk dengan asuransi dan tabungan sehingga bisa membuat mereka menjadi lebih baik, lebih manusiawi, itulah yang saya inginkan,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News

Beri Bantuan Makanan, Wujud Kepedulian Kapolres Bagi Warga Lapas

Arafura News

Untung Sangaji Minta Anggotanya Pahami Program Kapolri

Arafura News

Satu Lagi Gebrakan Dari Kapolres Untung Sangaji

Arafura News

Binmas Polres Himbau Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Pasar Baru

Arafura News

Bripka Muh.Idrus, Bhabikamtibmas Yang Tak Kenal Lelah

Arafura News

Program Home Industri Kapolres Dari Merauke Ini

Arafura News