Menu

Line 1

Custom Search

Ada Peluang Lowongan CPNS di Buka 2017

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 
Nicolaus Wenda
Kepala BKD Papua, Drs Nicolaus Wenda, MM

 

BIAK,- Setelah lama moratorium, pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS  tahun 2017. Hal itu terungkap pada Rapat Kerja Nasioal (Rakernas) kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Indonesia, baru-baru ini.
 “Sesuai dengan penjelasan dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla dalam rakornas beberapa waktu lalu, masih ada peluang untuk penerimaan CPNS 2017,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Drs Nicolaus Wenda, MM ketika ditemui di GBI Batu Karang Biak, Selasa kemarin.


Dikatakan, penerimaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017, mekanisme pengaturan diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 “Jadi untuk penerimaan CPNS ini pada prinsinya tetap dibuka bagi bidang pendidikan maupun kesehatan, ini sudah menjadi kesepakatan oleh KemenPAN dan RB serta BKN, tetapi seperti yang sudah disampaikan bahwa kita masuh menungguh petunjuk dari pemerintah pusat, karena memang untuk penerimaan kan berlaku di seluruh Indonesia,”katanya.
Lanjut Wenda, jika kementerian memberikan petunjuk pelaksanaan penerimaan CPNS, maka pihaknya bakal  melaksanakan penerimaan, tetapi jika tidak ada penerimaan, maka pihaknya tidak melaksanakan penerimaan CPNS.
 “Tentu kami tunggu petunjuk dari pusat, jika ada penerimaan, maka kita jelas melasanakan penerimaan,”lanjutnya.
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur menyebutkan bahwa penerimaan CPNS masih dihentikan sementara (moratorium). Namun, lowongan CPNS untuk para lulusan sekolah kedinasan tetap dibuka.
Sekolah kedinasan, contohnya antara lain IPDN, STAN, STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), AIM (Akademi Imigrasi), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara), STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika). Pemerintah menyebut ini dengan penerimaan PNS formasi khusus.
"Kita masih melanjutkan moratorium untuk formasi umum, kalau formasi khusus tetap jalan. Formasi umum yang diterima dari misalnya secara terbuka yang dari umum, kan kita ada yg sumbernya formasi khusus kaya sekolah kedinasan, kayak IPDN, STAN, STIS, itu tetap jalan," katanya.
Selain dari sekolah kedinasan, pemerintah juga membuka lowongan CPNS untuk tenaga pendidikan dan kesehatan seperti program GGD (Guru Garis Depan) dan Bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap). "Kemudian untuk tenaga pendidikan, untuk tenaga kesehatan, Bidan PTT tetap dibuka," ujar Asman.
Untuk program GGD dan Bidan PTT telah dilakukan pelaksanaan seleksinya pada tahun 2016 lalu. Saat ini masih tinggal pengumuman dari Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) dan akan disampaikan pula oleh masing-masing instansi.
Meski begitu, Asman belum dapat memastikan sampai kapan moratorium CPNS dari fomrasi umum dilakukan. "Sampai nanti kita anggap betul-betul membutuhkan sekali. Sekarang kan kita lagi benahi struktur biaya belanja pegawainya,"pungkasnya. (Bams)

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.