Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Imam : Kebersihan di Lingkungan Pasar Harus Tetap Ditingkatkan

SENTANI – Lembaga Missi Reclasseering (LMR-RI) Komando Wilayah (Komwil) Provinsi Papua kembali melakukan kerja nyata bhakti sosial (Baksos) kebersihan di Kota Jayapura, khususnya di Pasar Sentral Hamadi, Jumat (9/3/18) pagi.

Baksos yang berlangsung selama 5 jam itu, dipimpin langsung oleh Komandan LMR-RI Komwil Provinsi Papua, Imam Syafi’i, SE, dengan melibatkan sekitar 70 orang anggota LMR-RI Komisariat Daerah (Komda) Kota Jayapura dan Komwil Provinsi Papua.

Usai kegiatan, Komandan Imam Syafi’i mengatakan, kegiatan karya-karya nyata yang dilakukan pihaknya baik LMR-RI Komwil Papua maupun LMR-RI Komda Kota Jayapura di Pasar Sentral Hamadi ini merupakan program kerja dari LMR-RI untuk sekaligus melihat seperti apa aktivitas masyarakat yang ada di pasar tersebut.

“Kami dari LMR-RI tetap memberikan akses dan dukungan kepada Pemerintah Kota Jayapura, serta kepada masyarakatnya. Apalagi kita ini juga merupakan warga Kota Jayapura, dan tanggung jawab kebersihan adalah tanggung jawab bersama. Akan sangat baik jika kebersihan di pasar itu lebih kita tingkatkan lagi, termasuk mengatur pembuangan sampah dengan baik,” katanya.

Lanjut Imam, Kota Jayapura ini dikenal dengan program kebersihannya yang sangat luar biasa dan merupakan instruksi langsung dari Walikota Jayapura, yang telah dicanangkan dari beberapa tahun lalu yang dimulai dari Batas Kota (Waena) hingga ke jantung kota.
“Apalagi Kota Jayapura sudah beberapa kali mendapat penghargaan Adipura, dan ini merupakan bukti bahwa bapak Walikota juga ikut bertanggung jawab secara penuh terhadap kebersihan kota, karena ini adalah rumah beliau dan juga rumah kita bersama,”paparnya.

“Saat kita masuk untuk memulai kegiatan di Pasar Sentral Hamadi ini, sangat luar biasa kebersihannya sudah terjaga dengan bagus. Ini bukti bahwa pengelola pasar juga ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dengan cara memberikan masukan kepada para pedagang untuk menyiapkan tong sampah. Contohnya saja tadi (kemarin) kita baru sekejap saja melakukan kegiatan sudah bersih, kita tinggal membantu membersihkan sampah-sampah yang tersisa di sekitar pasar Hamadi ini,” ucap Imam.

Tidak hanya itu, masalah kebersihan adalah tanggung jawab bersama dan kebersihan di pasar ini adalah bukti kerja sama semua pihak yang ada di Kota Jayapura, baik seluruh masyarakat, pengelola pasar dan pak Walikota beserta jajarannya juga ikut bertanggung jawab. Karena tugas Walikota bukan hanya membersihkan sampah saja, namun banyak yang harus dilakukan untuk kemajuan Kota Jayapura ini.

“Tapi, bagaimana caranya kita bisa ikut membantu dan menjaga kebersihan sebagai warga negara maupun sebagai masyarakat yang tinggal di Kota Jayapura,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Pasar Sentral Hamadi, Septinus Jopari, S.E., mengucapkan terima kasih kepada pihak LMR-RI yang telah melakukan kerja bhakti kebersihan di Pasar Haamadi ini.

“Kami dari pengelola Pasar Sentral Hamadi sangat berterima kasih atas kerja bakti atau baksos kebersihan yang dilakukan oleh LMR-RI di pasar kami, karena ini sangat membantu kami dalam hal kebersihan di sekitar pasar Hamadi,” ucapnya.