Pasific Pos.com
Papua Selatan

IMADI Komit Siapkan Calon Pemimpin Berkualitas

MERAUKE,ARAFURA,-Ikatan Mahasiswa Boven Digoel (IMADI) di Kabupaten Merauke berkomitmen untuk menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan IMADI adalah dengan menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

LDK dilaksanakan di Aula Vertenten St Petrus, Jalan Cikombong, Kamis (20/6) lalu dengan mengusung tema ‘Menyiapkan pemimpin masa depan yang berkarakter, kontributif dan berdaya saing dalam menjawab tantangan global’. Peserta sebanyak 16 orang dari 2 kampus yakni Unmus dan STISIPOL Yaleka Maro Merauke.

Ketua Panitia LDK IMADI, Filomina Migan, kepada ARAFURA News di sela-sela kegiatan mengatakan tujuan dari LDK ini adalah untuk melatih mahasiswa Boven Digoel dalam kepemimpinan, seperti belajar untuk tampil di depan. “Artinya, mereka belajar (dilatih) memimpin,”ujar Filomina.

Untuk materi yang diberikan kepada peserta sebanyak 14 materi dan berlangsung selama lima hari. Materi tersebut diantaranya cara memimpin sidang, pidato, praktek turun lapangan dan bicara langsung dengan masyarakat untuk mematakan masalah. Setelah itu, peserta melakukan presentase.

“Harapannya, (peserta) bisa mengerti dalam hal memimpin, berbicara mereka tidak gugup, mereka bisa berbicara di depan, (mereka) bisa jadi pemimpin yang baik,”tukas Filomina.

Sementara itu, Pembina IMADI Maximus Araweng dalam sambutannya ketika membuka LDK mengatakan sebagai pembina pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, untuk menyiapkan sumber dana manusia itu butuh waktu yang lama, minimal 10 tahun. Selama itu pula pertlu diisi dengan berbagai kegiatan yang positif, salah satunya dengan bergabung ke dalam wadah-wadah termasuk wadah kemahasiswaan.

Ia berharap, peserta yang mengikuti LDK bisa menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh nara sumber. Itu penting, supaya ilmu yang diperoleh selama kuliah bisa juga dipakai oleh orang lain. “Sarjana harus bisa bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. Harus berlatih selama kuliah, bisa karena biasa. Saya harap, sebagai mahasiswa adik-adik bisa membangun kebiasaan yang baik,”tukasnya.