Pasific Pos.com
Papua Barat

IKWI Papua Barat Harus Segera Dibentuk

Manokwari, TP – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) termasuk PWI Papua Barat diminta untuk terus mengembangkan organisasinya guna lebih memaksimalkan peran sosial yang melekat di wadah tersebut.

Dari hasil peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat, baru-baru ini, PWI se Indonesia juga diminta segera membentuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), termasuk IKWI Papua Barat.

Delegasi PWI Papua Barat, Lisna Boroalo mengatakan, dari hasil pertemuan IKWI di Padang, Sumatera Barat, mewajibkan kepengurusan IKWI harus ada dimana PWI dibentuk.

“Karena PWI Papua Barat baru saja aktif, sehingga IKWInya belum terbentuk. Ini yang nantinya kita akan sampaikan ke teman-teman pengurus PWI,” kata Lisna kepada Tabura Pos, di Padang, Sumatera Barat, belum lama ini.

Dijelaskannya, mandat pembentukan IKWI, tidak hanya sekedar pembentukan, tetapi diharapkan IKWI Papua Barat dapat menggerakan para keluarga wartawan lebih terlibat dan terjun dalam berbagai kegiatan sosial.

“Karena banyak kegiatan sosial dan kemanusian yang bisa diikuti dan keanggotaan IKWI adalah istri-istri para wartawan maupun wartawan perempuan,” jelasnya.

Dalam struktur kepengurusan IKWI, Lisna menerangkan, bisa langsung dijabat oleh istri dari ketua PWI aktif.

“Nanti saya serahkan kepada ketua PWI bagaimana teknis pembentukannya,” terangnya.

Terpisah, Ketua PWI Papua Barat, Bustam mendukung pembentukan IKWI Papua Barat. IKWI adalah lembaga otonom yang harus dibentuk termasuk di Papua Barat.

“PWI akan buat konferensi kerja pertama biar semuanya terakomodir dan program kerja PWI jelas,” jelas Bustam. [SDR-R3]