Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

IKT Kabupaten Jayapura Gelar Ibadah Perayaan Paskah

Suasana ibadah perayaan Paskah di bukit Dumangkaray, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/4/2022) siang.

SENTANI- Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Jayapura menggelar ibadah perayaan paskah 2022 di bukit Dumangkaray, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/4/2022) siang.

Ibadah tersebut dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M, Si diwakili Sekda Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi, S. Pd, M. KP, Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tommy Mano, MM Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Anggota DPRD kota Jayapura, Sarce Soreng, Kepala suku IKT provinsi Papua, Edi Rante Tasak dan kepala suku IKT Kota Jayapura, Nobertus Bangga, S.Sos.

Ketua IKT Kabupaten Jayapura, Jhoni Lumbaa saat diconfirmasi melalui telefon seluler mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan di bukit Dumangkaray itu merupakan puncak perayaan paskah yang sebelumnya diawali dengan berbagai lomba.

“Jadi ibadah ini adalah puncak perayaan paskah bagi kami karena sebelumnya, kita sudah menggelar berbagai lomba sebagai bagian memperingati paskah itu sendiri,” kata Jhoni Lumbaa.

Menurutnya, sebagai orang percaya, perayaan paskah sangat penting dilakukan oleh seluruh warga Toraja yang tergabung dalam IKT Kabupaten Jayapura juga para tamu undangan Sebab paskah merupakan tanda kebangkitan Tuhan Yesus Kristus.

“ Oleh karena itu, ini sangat-sangat penting bagi kami sehingga kami rayakan dalam bentuk ibadah syukur dan Nyayian pujian. Puji syukur, semua dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Jhoni Lumbaa mengungkapkan, kesuksesan ibadah perayaan paskah juga tak lepas dari kekompakan pengurus yang dikoordinir pemuda-pemudi IKT Kabupaten Jayapura sebagai panitia perayaan paskah tahun 2022 serta dukungan penuh seluruh warga IKT Kabupaten Jayapura.

“ Khususnya juga warga Doyo lama yang menerima kami hadir dilokasi ini, serta teristimewa dukungan Ondoafi Doyo lama bapak Agustinus Yason Marwery dan bapak ondo Yappo juga kepala suku lainnya yang mendiami Doyo lama,”katanya.

Tak lupa, Jhoni mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Jayapura, Walikota Jayapura, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, beberapa anggota DPRD Kabupaten Jayapura dan semua pihak yang sudah menghadiri serta memberikan sumbangsi untuk pembangunan tongkonan.

Setelah ibadah perayaan paskah juga dilakukan lelang dana untuk pembangunan tongkonan di bukit Dumangkaray. Dimana dalam lelang tersebut, Bupati Jayapura menyumbangkan dana sebesar 50 Juta Rupiah, Walikota Jayapura sebesar 100 Juta Rupiah, Kepala Dinas Kehutanan sebesar 50 Juta Rupiah dan bantuan berupa semen dan bahan bangunan lainnya dari Kapolres Jayapura serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Adapun iuran wajib bagi tiap warga IKT Kabupaten Jayapura telah disepakati bersama dalam Raker IKT Kabupaten Jayapura.

Jhoni menilai, dengan adanya kebersamaan warga, membawa arti tersendiri karena akan merasa, ini semua milik kita bersama. “ Sehingga selalu dapat terjaga kebersamaan antar warga IKT sendiri bahkan dengan penduduk setempat, untuk memberi dampak ekonomi di kawasan Doyo lama. Kiranya dengan kehadiran tanah adat Tongkonan di Kabupaten Jayapura akan memberikan dampak kemajuan pembangunan di sekitarnya dan juga dapat memberikan dampak yang positif untuk kepentingan kemanusiaan apabila diperlukan dalam bentuk penampungan pengungsi. Sebab kita tidak bisa pungkiri dan menduga kapan bencana tiba,” katanya.

“ Untuk itu, kehadiran kami juga warga Papua siap saling membantu dan tanggap dalam sikap siaga dengan mempersiapkan diri membangun gedung serbaguna yang nantinya akan dilakukan oleh panitia pembangunan tongkonan IKT Kabupaten Jayapura” jelas Jhoni Lumbaa.