Pasific Pos.com
Papua Tengah

HUT ke-XVI Gereja Bunda Maria Kalibumi Dirayakan

NABIRE – Berawal dari sepintas sejarah, kini telah berlalu kemeranaan yang tak layak versi umat, namun via berbagai perjuangan umat untuk membentuk atau menyatukan umat Allah yang kudus. Penuh kesadaran yang cukup mendalam dari benaknya, saat itu beberapa keluarga yang bermukim disekitar Kali Bumi Nabire Barat (Nabar) telah berupaya mendirikan gedung gereja pula akhirnya berhasil mendirikan dan kini telah menjelang 16 tahun. Oleh karena itu, bersyukurnya penambahan umur gereja tersebut, umat merayakan HUT ke-XVI Gereja Bunda Maria Kalibumi.

“Iya, kami dapat merayakan hari ulang tahun gereja Bunda Maria ini lantaran berjalan lancar sebab dinilai banyak kekurangan namun kami tetap merayakan. Karena hari ini adalah hari istimewa versi umat kring Bunda Maria. Karena, umurnya telah menjelang pendewasaan yakni 16 tahun. Kami merayakan HUT ini tiap tahun via belbagai usaha kami (umat) sehingga dapat menyatukan kebersamaan kami dalam kring hingga akhirnya dapat berjalan lancar. Usai perayaan ini kami akan melakukan penanaman tanaman berupa bibitan dalam beberapa jenis pohon/buah-buahan agar kelak lingkungan ini bisa dijadikan sebagai percontohan versi kring lain,” kata Ketua Kring, Fransiskus Magai kepada awak media ini, Jum’at (8/2).

Menurut dia, umur gereja menjelang dewasa. Yakin dan percaya adalah kunci utama dalam sebuah perjuangan menuju suatu kesuksesan. Oleh karena itu, via berbagai uyapa dapat mendirikan gereka Bunda Maria merupakan hasil usaha umat kring Bunda Maria Kalibumi sehingga tetap semangat dalam membangun kring serta umatnya.

“Kami sangat bersyukur atas kehadiran gereja ini. Karena, selama sebelumnya kami tidak seperti keadaan hari ini artinya hulu kami berdoa dibawa atap seng yang rongsok namun berbagai upaya para pejuang kami sehingga tahap demi tahap perkembangan terus mengalami kemajuan hingga hari ini bisa berada dalam ruangan yang cukup membanggakan ini,” katanya.

Dirinya mengharapkan, hari Sabtu akan mengadakan meeting internal bersama umat kring Bunda Maria untuk membahas proses persiapan gereja serta diskusi lain yang amat bermanfaat untuk perkembangan gereja kelak.

“Kami dapat menagendakan besok hari Sabtu kita (umat) akan mengadakan rapat internal khususnya Kring Bunda Maria untuk membahas atau berdiskusi tentang gereja ini. Kemungkinan akan membahas tentang variasi dalam gereja atau apa yang harus lakukan untuk gereja ini,” pungkasnya.(ist/wan)