Pasific Pos.com
Papua Barat

Hotel di Manokwari tidak Mampu Menampung Semua Peserta Pesparama Nasional

Manokwari, TP – Sebanyak lebih dari 2.000 orang dari luar Manokwari dan Papua Barat hadir di Kota Manokwari untuk mengikuti kegiatan Pesparawi Mahasiswa (Pesparama) Nasional yang ke-XV, 15-17 Juli 2018. Kehadiran ribuan peserta itu tidak bisa ditampung oleh hotel di Kota Manokwari. Oleh karena, Pemkab Manokwari ke depan akan mendorong pengembangan hotel dan penginapan di Manokwari.

Hal itu dikatakan Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan kepada wartawan usai menghadiri pembukaan Pesparama Nasional yang ke-XV di Gereja GKI Petrus, Amban, Manokwari, Minggu (15/7).

Menurutnya, saat ini ada lebih dari 2.000 orang datang ke Manokwari, sehingga fasilitas hotel masih kurang untuk menampungnya.

Oleh karena itu, meurut dia, ke depan harus didorong agar hotel dan penginapan di Manokwari lebih banyak. 

“Ada informasi bahwa semua hotel dan peginapan di Manokwari sudah penuh, termasuk penerbangan juga full, sehingga dirinya juga mau berangkat juga tidak bisa lagi,” tuturnya.

Dia juga mengharapkan masyarakat Manokwari ikut menyukseskan Pesparama Nasional yang ke-XV di Manokwari agar berjalan dengan baik, aman, dan terkendali. Dia juga menjamin keamanan selama pelaksanaan Pesparama Nasional di Manokwari. Hal itu karena aparat kepolisian juga dilibatkan sebagai panitia.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pesparama Nasional  yang ke-XV, Robert Hamar menyampaikan, para peserta Pesparama Nasional yang ke-XV sebanyak 36 delegasi yang berasal dari 37 kampus di Indonesia.

Selain itu, dari Kemenristekdikti dan juri 14 orang, panitia 155 orang, LO 41 orang, PAM GKI Petrus Amban 41, majelis jemaat GKI Petrus Amban 50, pembantu umum dari Petrus Amban 41 orang, keamanan dari Unipa 20 orang, petugas keamanan dari Polres Manokwari 70 orang, petugas pembukaan dan penutupan Pesparama Nasional sejumlah 50 orang. Sedangkan peserta dari 37 kampus tersebut sebanyak 1.434 orang, serta ofisial, manajer dan konduktor sebanyak 113 orang, serta ofisial pendukung yang melaporkan 120 orang.

Kontingen dengan peserta tersedikit, kata dia, yakni Universitas Imanuel Yogyakarta dengan peserta sebanyak 27 orang, sedangkan kontingen dengan peserta terbanyak adalah Universitas Cendrawasih Jayapura dengan peserta sebanyak 54 orang. Total jumlah yang hadir di Manokwari sebanyak 2.149 orang.

“Jumlah itu tidak termasuk para rector dan wakil rector III yang turut hadir pada kesempatan tersebut,” tukasnya. (CR44)