Pasific Pos.com
Papua Selatan

Home Industri Kapolres Merauke Makin Dikenal

Pengurus HIPMI saat bertemu Kapolres (foto:iis)
‘Setelah Rumah BUMN, Kini Giliran HIPMI Ikut Kolaborasi’

 

MER AUKE,ARAFURA,-Segala pekerjaan jika didasari dengan niat yang baik dan ikhlas tentu akan memberikan hasil yang baik pula. Keikhlasan itulah yang selalu ditanamkan oleh seorang Kapolres di ujung timur Indonesia yang satu ini, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum dengan menggagas program home industri pembuatan kancing baju dari batok kelapa dan minyak goreng untuk warga asli Papua. Program yang digagasnya secara swadaya ini lambat laun menarik perhatian banyak pihak seiring dengan kian gencarnya berbagai media massa memberitakan tentang home industri tersebut.

Bahkan berbagai lembaga dan organisasi mulai memberikan perhatian dan berupaya ikut terlibat dalam kegiatan positif yang sarat dengan nilai-nilai sosial dan kebaikan itu. Mereka dengan penuh antusias menyampaikan tujuan langsung kepada sang Kapolres untuk ikut mendukung program yang sudah berjalan beberapa bulan terakhir ini, tentunya sesuai dengan kebutuhan dari para warga binaan Kapolres. Setelah Rumah BUMN Telkom Merauke bertemu langsung untuk memberikan dukungan dalam hal perijinan produk dan desain kemasan belum lama ini, Kamis lalu giliran BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Merauke yang diketuai Kurniawan Tommy Siriwa, SH bersilaturahmi dan menyampaikan keinginan serupa untuk menjalin kerja sama dengan sang Kapolres.

Usai pertemuan di ruang kerjanya, Kapolres juga mengajak pengurus HIPMI meninjau langsung tenda home industri dimana mama-mama Papua tengah membuat minyak goreng. Dalam kesempatan itu Tommy Siriwa mengemukakan bahwa pihaknya banyak mendengar informasi tentang Kapolres Merauke yang memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama hingga melaksanakan program home industri. Oleh sebab itu pihaknya ingin bersilaturahmi sekaligus mensosialisasikan tentang keberadaan HIPMI di Kabupaten Merauke yang menaungi sejumlah anak muda dengan wawasan luas ke depan.

Adapun program yang diusung oleh Kapolres sejalan dengan komitmen HIPMI yang juga sangat peduli dan memperhatikan UMKM di daerah ini termasuk yang dijalankan warga lokal. Oleh sebab itu pihaknya sangat mengapresiasi upaya Kapolres dan berinisiatif untuk memberikan dukungan. Dalam hal ini HIPMI berencana untuk menggelar pelatihan dengan tetap melibatkan Kapolres dan warga binaannya serta membantu pengadaan seragam dan packaging produk dimana akan lebih fokus pada produk minyak goreng hasil olahan masyarakat Papua. “Puji Tuhan kita bisa mendapatkan ilmu dari Bapak Kapolres sehingga tugas yang akan HIPMI kerjakan nanti semakin mudah.
Kami sangat bersyukur Bapak hadir di sini dan banyak memberikan manfaat,”ujarnya. Sementara itu Herman Sulle selaku Ketua Bidang Investasi, Infokom dan Kerjasama Internasional menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan event nasional PON 2021 dan HIPMI telah membidik peluang tersebut untuk merangkul UMKM lokal yang ada agar dapat memasarkan produknya saat momentum tersebut.

Menurutnya, upaya ini penting dilakukan karena pelaku usaha asal Merauke sebenarnya memiliki kemampuan dan harus bisa menjemput bola agar peluang yang ada tidak diambil pihak luar. Menanggapi maksud dan tujuan pihak HIPMI tersebut, AKBP Untung Sangaji menyampaikan terima kasih karena pada akhirnya ada pihak lain yang mau peduli membangun masyarakat asli di daerah ini. Oleh sebab itu dirinya menyambut baik bahkan selalu siap jika dibutuhkan untuk melakukan koordinasi demi kelancaran kerja sama ke depan.

Menurutnya, dukungan yang diberikan oleh pengurus HIPMI adalah langkah awal yang baik dan diharapkan dapat terus berlanjut sehingga terjalin sinergitas yang baik di antara kedua belah pihak. Kolaborasi yang akan terjalin ke depan diharapkan semakin baik tentunya tetap fokus pada apa yang menjadi tugas masing-masing. Kapolres menjelaskan, untuk kolaborasi pelatihan home industri dapat dilakukan secara bertahap mengingat pihaknya memiliki beberapa jenis home industri yang tengah difokuskan saat ini.

Artikel Terkait

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News

Beri Bantuan Makanan, Wujud Kepedulian Kapolres Bagi Warga Lapas

Arafura News

Untung Sangaji Minta Anggotanya Pahami Program Kapolri

Arafura News

Satu Lagi Gebrakan Dari Kapolres Untung Sangaji

Arafura News

Binmas Polres Himbau Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Pasar Baru

Arafura News

Bripka Muh.Idrus, Bhabikamtibmas Yang Tak Kenal Lelah

Arafura News

Program Home Industri Kapolres Dari Merauke Ini

Arafura News