Pasific Pos.com
Info Papua

HIPMI Papua Ingin Proyek Palapa Ring Timur Segera Selesai

Jayapura– Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Papua, Dasril Sahari bersama Ketua Umum BPP HIPMI, Bahlil Lahadalia dan Fungsionaris BPP HIPMI, Nuril melakukan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Pertemuan pada 10 Juli 2018 lalu di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta membahas perkembangan proyek Palapa Ring Timur.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum BPD HIPMI Papua, Dasril Sahari mendesak proyek Palapa Ring Timur segera diselesaikan lantaran kebutuhan akses internet yang handal sangat dibutuhkan di Papua.

“Kami membahas informasi teknologi (IT) Indonesia Timur dan percepatan akses komunikasi antar pulau di wilayah pedalaman Papua, “kata Dasril melalui telepon, Selasa (17/7/2018).

Dasril menyebut, Menteri Rudiantara memberi perhatian khusus kepada Papua dan meminta kepada pelaksana proyek Palapa Ring Timur agar menyelesaikan pekerjaan tersebut tahun ini juga apapun kendalanya.

“Beliau (Menteri) siap mensupport dengan meminta perhatian pemerintah daerah atau dinas terkait untuk mensukseskan proyek tersebut, “ucapnya.

Sementara itu, guna membantu pengangkutan material proyek Palapa Ring Timur jalur darat yang dikerjakan PT Cenderawasih Arta Teknologi, maka pihaknya mendatangkan Helikopter MI-26 dari Rusia.
Dasril mengatakan, rencana awal Helikopter tiba pada 5 Juni 2018 di Timika, Kabupaten Mimika, namun tertunda.

“Estimasi tiba di Indonesia pada 10 Agustus 2018, pekan depan kami ke Rusia untuk memastikan kesiapan pengiriman Helikopter, “ujar Dasril

Menurut Dasril, Helikopter raksasa ini mempunyai kapasitas angkut hingga 20 ton, jauh melebihi kemampuan Helikopter MI-171 yang telah beroperasi di Papua dengan kapasitas angkut hanya 4 ton.

“Kami berharap dengan kapasitas angkut yang lebih, dapat mengefisienkan waktu dan biaya sehingga target penyelesaian proyek Palapa Ring Timur selesai lebih awal, “paparnya. (Zulkifli )