Pasific Pos.com
Papua Barat

Hindari Pemutusan, PLN Serukan Ganti Meteran Pra Bayar

Manokwari, TP – Manager PLN Area Manokwari, Sulisiyo mengajak masyarakat untuk mengganti meteran listrik dari pasca bayar ke pra bayar.

Menurut, meteran pra bayar sedianya lebih menguntungkan pelanggan, karena tidak perlu khawatir adanya pemutusan bila terjadi tunggakan.  

“Pra bayar lebih untung, pegeluaran sesuai pemakaian. Tidak perlu khawatir diputus. Pulsa habis tinggal beli lagi,” kata Sulisiyo kepada wartawan di salah satu hotel, baru-baru ini.

Kenyamanan lainnya penggunaan meteran pra bayar kata Sulisiyo, aman saat ditinggal berpergian semisal pulang kampung.

“Kalau ditinggal lama dan pulsa habis, yang sudah mati. Tapi,  kalau meteran pasca bayar akan menyala terus dan tagihan berjalan,” ungkap Sulisiyo.

Disamping itu, lanjut Sulisiyo, beralihnya penggunaan meteran pasca bayar ke pra bayar juga membantu pihaknya dalam hal penagihan tunggakan.

“Secara aturan tiga bulan tidak bayar, kita akan bongkar. Setelah pembongkaran kalau mau pasang lagi diwajibkan bayar melunasi tunggakan dan bayar pemasangan baru lagi,” terang Sulisiyo.

Sulisiyo menambahkan, sekarang ini pelanggan umum tunggakannya mencapai Rp.1 miliar rupiah, dan hal itu cukup mengganggu pengoperasian oleh pihaknya.

Oleh sebab itu,  dirinya menghimbau agar masyarakat yang masih menggunakan meteran pasca bayar segera beralih ke pra bayar. 

“Sekarang ini persentasenya sudah 50 persen pengguna pra bayar dan 50 persen pasca bayar, dari total pelanggan,” tandas Sulisiyo. [SDR-R2]